Polda Sumut Selidiki Dokumen Masuknya Bahan Pangan yang Ditimbun

Rabu, 24 Mei 2017 - 03:09 WIB
Polda Sumut Selidiki Dokumen Masuknya Bahan Pangan yang Ditimbun
Polda Sumut Selidiki Dokumen Masuknya Bahan Pangan yang Ditimbun
A A A
MEDAN - Aparat kepolisian dari Polda Sumatera Utara terus melakukan penyidikan terhadap dua gudang penimbunan cabai, bawang putih, pulut dan lain-lainnya yang ditimbun pemilik gudang di Kecamatan Medan Deli, Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel menyampaikan, kepada sejumlah wartawan di gudang penimbunan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Medan Sumatera Utara, seusai meninjau ke gudang penimbunan di Tanjung Mulia Medan Deli, Selasa (23/05/2017)

Dikatakannya, penjelasan Polda Sumatera Utara terhadap penyelidikan dua tempat, yang diduga menimbun sembako dalam bentuk bawang bombai, bawang putih dan cabai merah kering, dalam dua tempat ini kurang lebih ada 265 ton cabai merah kering, 3 ton bawang bombai dan 89 ton bawang putih salju yang diduga masuk dari India. (Baca: Gudang Penimbun Bahan Pangan Digerebek, 265 Ton Cabai-Bawang Disita)

Menurut jenderal berbintang dua ini, aparat kepolisian dari Polda Sumatera Utara masih melakukan penyidikan terhadap dokumen masuknya barang-barang dari luar negeri. Namun, masih dalam pemeriksaan tentang dugaan penimbunan.

"Karena barang-barang tersebut sudah masuk tahun 2016, kemudian ditimbun pemiliknya di tengah situasi sembako di beberapa wilayah Indonesia yang harganya turun naik," ujarnya.

Ryco melanjutkan, hal ini menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk satuan-satuan tugas ketahanan pangan, terutama bahan-bahan sembako menjelang ramadan. Oleh karena itu, aparat Polda Sumatera Utara terus melakukan penyidikan.

Setelah melakukan penyidikan di gudang Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Kapolda Sumatera Utara melanjutkan penyelidikan ke gudang kayu putih 138 dan menemukan 60 ton bawang putih, 100 ton kacang tanah dan 40 ton pulut, yang kesemuanya ditimbun di dalam gudang kayu putih 138, Kecamatan Medan Deli, Medan Sumatera Utara.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0140 seconds (0.1#10.140)