F-16 TNI AU Bakal Terlibat Pertempuran dengan F-35 RAAF di Langit Manado, Ini Kata Danlanud Sam Ratulangi

Selasa, 19 September 2023 - 17:49 WIB
loading...
F-16 TNI AU Bakal Terlibat Pertempuran dengan F-35 RAAF di Langit Manado, Ini Kata Danlanud Sam Ratulangi
Para penerbang dari angkatan udara Australia, RAAF saat tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado. Foto/Dok. Dispenau
A A A
MANADO - Pertempuran udara bakal terjadi di langit Manado. Para penerbang tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU, bakal beradu kemampuan dengan para penerbang tempur pesawat siluman F-35 dari angkatan udara Australia, RAAF.



Adu tangkas penerbang tempur dua negara di langit Manado ini, merupakan bagian dari latihan bersama (Latma) Elang Ausindo 2023. TNI AU mengerahkan enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, sedangkan RAAF mengerahkan tiga pesawat tempur siluman F-35 serta sejumlah pesawat pendukung.



Dilansir dari tni.mil.id, Danlanud Sam Ratulangi, Marsma TNI Muhammad Mujib mengatakan, Latma Elang Ausindo 2023 ini sangat penting artinya bagi penerbang tempur dari kedua negara, karena bertujuan meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme angkatan udara kedua negara.



Marsekal TNI bintang satu ini, membuka Latma Elang Ausindo 2023, didampingi Atase Udara Australia, Group Captain Ken Bowes. Mujib mengatakan, melalui latihan ini para penerbang tempur kedua negara diharapkan dapat meningkatkan taktik serta teknik operasi udara.

"Latihan ini, diharapkan juga dapat menjadikan para peserta Latma Elang Ausindo 2023, baik penerbang maupun teknisi lebih siap menghadapi tantangan di masa mendatang," imbuh Mujib.

F-16 TNI AU Bakal Terlibat Pertempuran dengan F-35 RAAF di Langit Manado, Ini Kata Danlanud Sam Ratulangi




Dalam lama tni.mi.id, Group Captain Ken Bowes mengatakan, Latma Elang Ausindo 2023 kali ini memiliki makna khusus bagi angkatan udara kedua negara, karena menandai 30 tahun kerjasama militer antara TNI AU dengan RAAF. "Latihan ini menjadi perwujudan kerja sama dalam membangun fondasi persahabatan, saling pengertian, dan menghormati satu sama lain," ujarnya.

Dia juga menegaskan, Latma Elang Ausindo 2023 ini juga bertujuan meningkatkan hubungan baik antara TNI AU dan RAAF, sehingga dapat menjadi landasan yang kuat dalam mengahadapi berbagai tantangan di masa depan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2975 seconds (0.1#10.140)