Buaya Taman Tirtonadi Blora Dipindahkan agar Bisa Berkembang Biak

Selasa, 09 Mei 2017 - 08:54 WIB
Buaya Taman Tirtonadi Blora Dipindahkan agar Bisa Berkembang Biak
Buaya Taman Tirtonadi Blora Dipindahkan agar Bisa Berkembang Biak
A A A
BLORA - Seekor buaya penghuni Taman Tirtonadi, Blora, Jawa Tengah dipindahkan ke lokasi penangkaran di Jepara. Sebab, selama sepuluh tahun terakhir buaya tersebut tinggal sendirian di tempat wisata itu sehingga mengganggu proses reproduksinya.

Buaya itu dipindahkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, didampingi petugas Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisa (Dinporabudpar). Dengan menggunakan tali dan karung goni, buaya ditangkap kemudian diangkut mobil bak terbuka Polisi Kehutanan BKSDA Jateng.

"Dipindahkan ke penangkaran yang ada di Jepara agar buaya tersebut bisa berkembang biak. Selama ini di Taman Tirtonadi hanya ada satu buaya, sehingga keterjaminan perkembangbiakannya kurang. Kami minta tolong kepada BKSDA untuk memindahkannya ke Jepara. Semoga di sana buayanya bisa beranak dan mempunyai keturunan," ucap Kepala Dinporabudpar Blora Kunto Aji.

Dia menyatakan, pemindahan buaya oleh BKSDA Jateng ke Jepara itu sifatnya titipan. Untuk itu, pihaknya sewaktu-waktu bisa mengambil kembali buaya tersebut setelah ditangkarkan. Apalagi, Pemkab Blora ke depan juga berkeinginan untuk membuat penangkaran buaya.

"Sebenarnya kami mempunyai keinginan untuk menangkarkan sendiri buaya yang selama ini dipelihara di kandang di sisi timur Taman Tirtonadi. Namun, untuk bisa ditangkarkan, buaya minimal harus sepasang berjenis laki-laki dan perempuan. Sedangkan di Taman Tirtonadi hanya ada satu ekor sehingga harus dipindahkan ke penangkaran."

Selama ini, buaya itu dirawat oleh petugas Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisa (Dinporabudpar) dan menjadi salah satu daya pikat untuk mengundang wisatawan. "Semoga di sana buaya kita bisa lebih memiliki harapan besar untuk berkembang biak," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3090 seconds (0.1#10.140)