Menparekraf Sebut Ngawi Miliki Ragam Potensi, Bupati Ony: Siap Jadi Kabupaten Kreatif

Sabtu, 16 September 2023 - 07:23 WIB
loading...
Menparekraf Sebut Ngawi Miliki Ragam Potensi, Bupati Ony: Siap Jadi Kabupaten Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono di Pendopo Wedya Graha Ngawi, Jawa Timur. Foto/SINDOnews/Masdarul Khoiri
A A A
NGAWI - Menparekraf Sandiaga Uno memberikan semangat kepada pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Ngawi. Daerah paling ujung barat di Jawa Timur ini memiliki beragam potensi ekonomi kreatif.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengapresiasi Menparekraf Sandiaga yang secara konsisten memberikan semangat kepada pelaku ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Ngawi.

”Kabupaten Ngawi siap mengikuti proses uji petik agar ke depan menjadi kabupaten kreatif dengan seluruh potensi yang ada. Baik itu di bidang kuliner, fesyen, kriya, pertanian, dan lainnya,” kata Ony di Pendopo Wedya Graha Ngawi, Jumat (15/9/2023).



Pihaknya akan berupaya dengan kemampuan maksimal untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf.

Turut hadir dalam workshop tersebut, selain Sandiaga Uno juga ada staf kusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Plt. Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setyaharini; dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin.

Sebelumnya, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemkab Ngawi, Jawa Timur, melakukan proses uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif).



Langkah ini agar dapat menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang akan memperkuat posisi Kabupaten Ngawi sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia.

"Jadi kami ingin mengundang Bupati Ngawi beserta seluruh jajarannya untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif dalam menetapkan sektor yang menjadi unggulan di wilayah ini," kata Sandiaga, Jumat (15/9/2023).



Menurut Sandiaga, hal ini perlu dilakukan mengingat ekonomi kreatif merupakan pendongkrak dan lokomotif kebangkitan ekonomi. Utamanya dalam memenuhi target pencapaian lapangan kerja sebanyak 4,4 juta di tahun 2024.

Karena 97 persen penciptaan lapangan kerja dihasilkan UMKM ekonomi kreatif.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)