Gunung Bromo dan Arjuno Terbakar, BPBD Jatim Sebut Perbedaan Karakter Pemadaman

Rabu, 13 September 2023 - 11:40 WIB
loading...
Gunung Bromo dan Arjuno Terbakar, BPBD Jatim Sebut Perbedaan Karakter Pemadaman
Kebakaran di Gunung Bromo, Kabupaten Malang, Jawa Timur terus meluas dan belum bisa dipadamkan. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyebut dua kawasan gunung yangmengalami kebakaran, yakni Gunung Bromo dan Arjuno memiliki karakteristik yang berbeda. Tingkat kesulitan dalam proses pemadamannya pun berbeda.

"Kalau di Arjuno itu seharusnya melihat kondisi lebih mudah di Bromo, karena langsung ada penanganan dari TNBTS," ucap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto, Rabu pagi (13/9/2023).



Gatot menambahkan, bila secara tinggi gunung antara Gunung Arjuno-Welirang dengan kawasan Gunung Bromo, masih curam di Arjuno. Apalagi di kawasan Gunung Arjuno-Welirang mobilitas distribusi air juga sulit.

"Masih bisa di sini, kalau di sana tidak bisa sulit karena medannya. Di sini ada jalannya, cuma sumbernya ngambil agak jauh," tuturnya.



Tampak pada pantauan hingga Selasa malam (12/9/2023) api masih belum. Bahkan informasi yang dihimpun api merambat hingga kawasan Pasuruan. Kencangnya angin diduga kuat membuat api terus meluas.

Sebagai informasi, dua kawasan gunung di Jawa Timur terbakar. Kebakaran melanda kawasan Gunung Arjuno dan Gunung Bromo - Semeru. Setidaknya ada ratusan ribuan lahan yang terbakar di dua kawasan gunung tersebut.



Di kawasan Gunung Arjuno misalnya api pertama kali terlihat di Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, yang masuk Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pada Sabtu dini hari (26/8/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)