Pelaku UMKM di Garut Ini Naik Kelas Berkat Anyaman Bambu

Selasa, 12 September 2023 - 13:59 WIB
loading...
Pelaku UMKM di Garut Ini Naik Kelas Berkat Anyaman Bambu
Titi Sapinah, ibu rumah tangga asal Desa Samida, Garut, Jawa Barat bisa naik kelas menjual berbagai anyaman bambu setelah mengikuti sejumlah pameran dan bazar. Foto/Ist
A A A
GARUT - Titi Sapinah, ibu rumah tangga asal Desa Samida, Garut, Jawa Barat bisa naik kelas dengan usaha anyaman bambu setelah ikut berpartisipasi dalam sejumlah pameran dan bazar. Akses pasar dan modal usaha pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini pun meningkat.

“Dagangan saya jadi dikenal dan dibeli sama orang yang ngga pernah kepikiran sama saya. Sering ada tamu penting datang ke pameran dan beli anyaman bambu saya, kalau nggak diajak ikut pameran, pembeli saya itu-itu saja,” kata Titi, Selasa (12/9/2024).



Dia kini jadi semakin percaya diri untuk bisa memperkenalkan produknya lebih luas lagi. Apalagi, Ia juga pernah mengikuti kegiatan studi banding ke Bali yang memang terkenal dengan kreasi anyaman bambu.

Ilmu dari pelatihan yang diberikan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) oleh PNM juga diterapkannya untuk menjajakan produk anyaman bambu.



Titi pun terinspirasi dari hasil studi banding hingga membuat beberapa kreasi produk anyaman dan mulai mempromosikan usahanya melalui platform WhatsApp (WA).

“Siapa sangka sekarang saya bisa kaya orang-orang, jualan pakai HP bukan cuma di pasar atau di rumah,” ujarnya semringah.



Titi melalui PNM Mekaar mengikuti pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. Pemberdayaan diarahkan pada peningkatan kesejahteraan terutama pada pembangunan ekonomi yang menciptakan multiplier effect terhadap pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)