Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, Status Tanggap Darurat Bencana

Jum'at, 08 September 2023 - 13:49 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, Status Tanggap Darurat Bencana
Petugas berusaha memadamkan kobaran api dalam kebakaran di lereng Gunung Arjuno, Kota Batu, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
KOTA BATU - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur akhirnya menetapkan status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Gunung Arjuno. Penetapan status darurat tanggap bencana itu ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu.

"Menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan Gunung Arjuno di Wilayah Kota Batu Nomor : 188.45/269/KEP/422.012/2023 oleh PJ Walikota Kota Batu," ucap Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu dikonfirmasi, Jumat (8/9/2023).



Penetapan status darurat ini membuat proses pemadaman juga bakal dimasifkan, salah satunya dengan mengaktivasi posko pemadaman di Taman Hutan Raya (Tahura) Resort 04 Kota Batu.



Tak hanya itu, dapur umum juga dibuka, termasuk pendistribusian logistik untuk tim yang bergerak memadamkan api dari jalur darat dan pengecekan kesehatan kepada tim gabungan penanganan Karhutla.

"Melaksanakan pemantauan, monitoring, dan evaluasi situasi terkini perkembangan kebakaran hutan dan lahan. Tim juga melakukan pengecekan kesehatan sebelum pemberangkatan dari Dinas Kesehatan Kota Batu dan PMI Kota Batu untuk Tim Gabungan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Arjuno," tuturnya.

Pihaknya sendiri menambah kekuatan personel gabungan dengan mengerahkan 22 orang gabungan yang berangkat melalui jalur pendakian Brakseng, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.


"Pemberangkatan dua tim gabungan sebanyak 22 personelmelalui jalur pendakian Brakseng, Kecamatan Bumiaji untuk melakukan operasi pemadaman darat kebakaran hutan dan lahan Gunung Arjuna, Wilayah Kota Batu," jelasnya.

Sementara itu, terpisah Polres Malang melakukan pemeriksaan ke beberapa orang petugas Perhutani yang menemukan indikasi adanya dugaan pembakaran lahan secara sengaja di lereng Gunung Arjuno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)