alexametrics

Kudus Kabupaten Peraih Penghargaan Level 3 Maturitas SPIP

loading...
Kudus Kabupaten Peraih Penghargaan Level 3 Maturitas SPIP
Bupati Kudus H Musthofa (dua dari kiri) satu-satunya bupati yang diangkat menjadi Dewan Pembina AAIPI Jateng. Koran SINDO/ Fauzi Miftah
A+ A-
SEMARANG - Kabupaten Kudus menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang mencapai level 3 Maturitas Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP). Bahkan, raihan nilai Auditor Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Kudus menjadi kabupaten satu-satunya yang mencapai level 3.

Prestasi yang diraih bersama Kota Surakarta ini tentu tak lepas dari kerja keras dan support penuh dari Bupati Kudus H Musthofa beserta jajarannya. Dengan capaian tersebut, nilai maturitas SPIP Kudus mencapai 3,095 poin.

Acara penyerahan penghargaan ini diserahkan Deputi Kepala BPKP Gatot Darmasto kepada Bupati Kudus, di kantor Inspektorat Provinsi Jateng di Semarang, Selasa (11/4/2017).



Hadir dalam acara tersebut Wagub Jateng, Sekda Pemprov Jateng, Ketua Umum Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), dan Plt Sekretaris Irjen Kemendagri Nugroho.

Semuanya tentu demi mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. Prinsip 4T yang digelorakan bupati Kudus tampak nyata membawa hasil. Yaitu, tepat aturan, tertib administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat.

Penilaian SPIP dan APIP ini merupakan realisasi dari cita-cita Presiden Jokowi yang mengharapkan 85% APIP memiliki standar level 3. Sedangkan saat ini mayoritas masih didominasi level 1 dan level 2.

Pada acara yang juga dilakukan pengukuhan DPW AAIPI Jateng ini, Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan, bahwa penting sebuah keikhlasan dan integritas dalam bekerja.

"Kalau sudah ikhlas, mau dapat berapa pun atau apapun tidak menjadi persoalan," kata Heru pada acara yang juga mengukuhkan Bupati Kudus sebagai dewan pembina DPW AAIPI Jateng ini.

Sedangkan Gatot mengatakan, prestasi ini sangat bagus dan patut ditiru daerah lain. Karena tujuan akhirnya untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah yang bersih.

"Pada para bupati/wali kota, saya ucapkan selamat atas prestasi ini. Raihan ini tidak mudah dan tentu didukung semua lini yang ada," kata Gatot.

Dirinya menambahkan, bahwa ini langkah dalam menyukseskan rencana jangka menengah nasional. Karena keberhasilan pembangunan secara nasional didukung semua level pemerintahan yang ada.

Bupati Kudus H Musthofa berterimakasih atas penghargaan tersebut, dan berharap agar prestasi ini bisa dipertahankan. "Semoga penghargaan ini bisa terus memaju kinerja jajaran Pemkab Kudus, serta semakin baik dalam melayani masyarakat," tandas bupati.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak