Bangun Kebersamaan, Pemuda di Sumenep Gelar Ekshibisi Voli hingga Pawai Budaya

Kamis, 07 September 2023 - 22:35 WIB
loading...
Bangun Kebersamaan, Pemuda di Sumenep Gelar Ekshibisi Voli hingga Pawai Budaya
Sejumlah pemuda di Sumenep, Jawa Timur yang tergabung dalam Karang Taruna dan komunitas menggelar berbagai kegiatan peringatan HUT Ke-78 RI. Foto/Ist
A A A
SUMENEP - Sejumlah pemuda di Sumenep, Madura, Jawa Timur yang tergabung dalam Karang Taruna (Kartar) dan komunitas menggelar kegiatan kemerdekaan yang diikuti warga desa termasuk para perangkat desa.

Kegiatan ini dilangsungkan sepanjang Agustus. Para pemuda desa menggelar kegiatan yang sifatnya membangun kebersamaan dan kemeriahan menyambut HUT Ke-78 RI.



"Ada sejumlah Kartar dan komunitas yang menggelar kegiatan Merdeka Heppiii ini, seperti para anak muda yang tergabung dalam Komunitas Raja Hapus 86 di Desa Jangkong Kecamatan Batang Batang Kabupaten Sumenep. Kegiatan diisi dengan ekshibisi voli dari tanggal 30 Agustus sampai 15 September 2023, kemudian nyambung kegiatan desa pada 17 September 2023," kata koordinator kegiatan, Ranggha Darmawan, Kamis (7/9/2023).

Selain itu ada juga komunitas nelayan yakni Komunitas Pancasona, Dusun Nonggunong, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Kegiatan di tempat ini berkolaborasi dengan kepala desa, pemerintah desa dan warga desa pada 13 Agustus 2023, di antaranya berupa jalan-jalan sehat.



Sedangkan komunitas Karta Genpita di Desa Grujugan, Kecamatan Gapura, Sumenep menggelar pawai kemerdekaan yang didukung dengan kepala desa, perangkat desa, dan warga desa pada 18 Agustus 2023.

"Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi warga desa dan komunitas yang selama ini banyak melakukan kegiatan positif, kegiatan-kegiatan kebersamaan dengan warga desa," ungkapnya.



Terpisah, Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah upaya terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

Pihaknya konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3504 seconds (0.1#10.140)