Lima Warga Diduga Tertimbun Longsor di Gunung Wilis

Senin, 10 April 2017 - 07:34 WIB
Lima Warga Diduga Tertimbun Longsor di Gunung Wilis
Lima Warga Diduga Tertimbun Longsor di Gunung Wilis
A A A
NGANJUK - Sedikitnya lima orang diduga tertimbun tanah longsor yang terjadi di Dusun Dolopo, Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Longsor yang terjadi di area seluas 3 hektar itu berada di kawasan perkebunan cengkeh dan mangga lereng Gunung Wilis.

Hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum bisa memastikan apakah kelimanya selamat atau meninggal dunia.

"Hingga kini kita masih melakukan proses evakuasi," ujar Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono kepada wartawan di Nganjuk, Minggu 9 April 2017 malam.

Para korban yang belum diketahui nasibnya itu adalah Khoderi (15), Doni (23), Dwi (17), dan Bayu (14).

Keempat orang yang berlatar belakang pelajar dan warga sipil biasa ini penduduk Desa Sumber Bendo Kecamatan Ngetos. Sedangkan Paidi (55) warga Dusun Jati Desa Blongko.

Menurut Soekonjono sebelum menimbun warga, longsor di lokasi yang sama sudah berlangsung tiga hari sebelumnya. BPBD telah memperingatkan potensi longsor susulan, termasuk melarang warga untuk tidak beraktivitas di sana.

"Dan ternyata prediksi kita benar. Dari total luas 7 hektar, 3 hektar di antaranya berpotensi longsor," terangnya.

Selain menimbun warga, material tanah setinggi 10 meter juga menutup aliran sungai di lokasi.

Bila tidak segera ditangani, Soekonjono khawatir ancaman banjir bandang. Terutama saat hujan deras datang. Karenanya selain mencari keberadaan kelima korban, BPBD juga berupaya membersihkan material dari sungai.

"Sebab ini berpotensi banjir bandang. Karenanya juga harus segera dibersihkan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)