Bone Bolango Jadi Lokasi Program Magang Kampus Merdeka di Indonesia Timur

Selasa, 05 September 2023 - 17:16 WIB
loading...
Bone Bolango Jadi Lokasi Program Magang Kampus Merdeka di Indonesia Timur
Asisten III Marni Nisabu saat menyematkan tanda peserta magang bersertifikat kepada perwakilan mahasiswa program Magang Bersertifikat Pertanian Konservasi MSIB angkatan 5 tahun 2023, di halaman Kantor Bupati. (Foto: dok Pemkab Bone Bolango)
A A A
BONE BOLANGO - Kabupaten Bone Bolango menjadi satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang menjadi lokus pelaksanaan program Magang Kampus Merdeka oleh Kemendikbud Ristek. Program Magang Kampus Merdeka, Magang Bersertifkat Pertanian Konservasi MSIB angkatan 5 tahun 2023 ini, diikuti oleh 50 mahasiswa yang berasal dari 39 Perguruan Tinggi Negeri dan 11 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Mahasiswa peserta magang itu, diterima secara resmi Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setda Bone Bolango, Marni Nisabu, pada apel kerja di halaman Kantor Bupati, Senin (4/9/2023).

Asisten III Marni Nisabu menjelaskan program kampus merdeka ini berfokus pada pengembangan satu inovasi pada bidang pertanian, peternakan, dan perikanan serta lahan konservasi.

"Kami berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah memilih Kabupaten Bone Bolango untuk menjadi lokus untuk Kampus Merdeka Magang Bersertifikat. Kali ini untuk Indonesia Timur Pemerintah Daerah Bone Bolango merupakan satu-satunya pemerintah daerah yang menjadi mitra untuk Kampus Merdeka Magang Bersertifikat ini," ujarnya.

Menurutnya, untuk program magang kampus merdeka ini, para mahasiswa akan banyak belajar bagaimana bertani, membuat inovasi pertanian yang tujuannya diharapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi pertanian dari masyarakat yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

"Kami sampaikan kepada adik-adik mahasiswa bahwa Kabupaten Bone Bolango ini adalah kabupaten konservasi. Kemudian dari inti dari pertanian kami adalah bagaimana pertanian itu bisa berdampak pada penurunan kemiskinan ektrem dan pertanian itu bisa berdampak bagaimana bisa menyediakan makanan bahan olahan pangan untuk menurunkan stunting yang ada di Kabupaten Bone Bolango," katanya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bone Bolango itu juga mengungkapkan khusus untuk Kampus Atmajaya kegiatan magang itu akan berbeda. Sebab ia menuturkan kampus tersebut akan fokus kepada teknis atau infrastruktur bangunan dan akuntansi.

"Oleh karena itu dari berbagai kampus yang akan hadir di Kabupaten Bone Bolango Insya Allah akan banyak dampak positif untuk bagaimana perkembangan Kabupaten Bone Bolango kedepan," ujarnya.

Atas nama Pemerintah Daerah, Marni Nisabu menerima secara resmi menerima mahasiswa program Kampus Merdeka Magang Bersertifikasi.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)