Bupati Kudus Apresiasi Kegiatan Sastra

Jum'at, 31 Maret 2017 - 15:58 WIB
Bupati Kudus Apresiasi Kegiatan Sastra
Bupati Kudus Apresiasi Kegiatan Sastra
A A A
SEMARANG - Kegiatan kebudayaan dengan lebel "Sastra Pelataran" untuk keenam kalinya kembali digelar. Kali ini dengan kegiatan bertajuk Jurnalis Penyair yang diselenggarkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jateng. Acara diselenggarakan di halaman Gedung Pers Jawa Tengah, Jalan Tri lomba Juang No10 Semarang, Kamis malam 30 Maret 2017.

Bupati Kudus H Musthofa yang mengikuti acara sejak awal hingga akhir, sangat mengapresiasi kegiatan itu.
Pasalnya kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bertemu dengan kawan-kawan lamanya malam itu.

Sebelum menjadi bupati, H Musthofa adalah anggota DPRD Jateng yang sudah biasa bergaul dengan para wartawan di Semarang. Sehingga bagi wartawan dan Musthofa tidak ada yang saling asing, semua berbaur jadi satu duduk lesehan.

"Kegiatan seni dan sastra semacam ini membuat saya senang. Puisi-puisi yang tadi disampaikan sebenarnya merupakan bagian dari introspeksi diri kita semua. Siapa lagi yang mengingatkan kita kalau bukan bukan dari kita sendiri," kata Bupati Kudus saat didaulat naik panggung untuk memberikan apresiasinya.

Selain itu, Musthofa, juga mengungkapkan bahwa dirinya selalu menyempatkan waktunya untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan budaya.

Hal tersebut selain sebagai wujud bekti kepada para seniman juga karena budaya itu mengajarkan nilai etika dan rasa.

“Hidup tanpa budaya adalah hidup tanpa etika. Karena budaya mengajarkan etika, sikap, rasa saling menghormati,” imbuhnya.

Pada gelaran keenam ini, Sastra Pelataran tak hanya kalangan jurnalis penyair yang unjuk kebolehan membacakan puisi.

Sejumlah anggota DPRD, pejabat juga hadir untuk ikut membaca pusi serta mengapresiasi pentas malam itu.
Pejabat yang tampil di atas pentas diantaranya Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono, Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie, anggota DPRD Jateng Sriyanto Saputro.

Selebihnya, deretan jurnalis penyair yang sudah cukup dikenal, seperti Agoes Dhewa, Ign Item D, Anggoro Suprapto, Saroni Asikin, termasuk Ketua PWI Jateng Amir Machmud dan Ketua IJTI Pengda Jateng Teguh Hadi Prayitno. Tidak ketinggalan budayawan Prie GS ikut tampil, serta pentas musik yang membawakan lagu-lagu Iwan Fals.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8570 seconds (0.1#10.140)