Kemegahan Keraton Kerajaan Mataram Islam di Plered dengan Gerbang Tiga Lapis

Jum'at, 01 September 2023 - 06:28 WIB
loading...
Kemegahan Keraton Kerajaan Mataram Islam di Plered dengan Gerbang Tiga Lapis
Kerajaan Mataram, memiliki istana yang sangat megah yang tak kalah dengan kastil di Eropa, dan dikelilingi danau buatan. Foto/Ilustrasi/Dok.
A A A
Pusat Kerajaan Mataram Islam memindahkan istana kerajaannya ke Plered. Saat itu Kerajaan Mataram Islam dipimpin oleh Sultan Amangkurat I yang naik tahta menggantikan ayahnya Sultan Agung.

Pemindahan ibu kota kerajaan juga dikarenakan adanya huru-hara di Kerajaan Mataram semasa Sultan Amangkurat I bertahta.

Pembangunan keraton Plered cukup menguras tenaga dari pekerja. Konon Sultan Amangkurat I sampai harus mengerahkan 300 ribu pekerja untuk membangun istana yang mewah dan megah. Bahkan di dalamnya ada bendungan buatan kian mempercantik kota.

Sejumlah sumber dari para sejarawan menyebut Keraton Plered dilapisi tiga pintu gerbang utama.



Sementara kondisi Plered di masa Sultan Amangkurat I secara detail, dengan menyatakan bahwa dalam perjalanan menuju Plered sekitar 18-19 mil dari kota pelabuhan Semarang, terletak pintu gerbang pertama, yang disebut dengan Selimbi.

Dikutip dari “Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiyono, mengisahkan pintu gerbang itu berdiri dengan tegak sebuah benteng, yang dihuni sekitar 1.500-1.600 orang. Benteng ini dijaga oleh para prajurit keraton.

Siapa saja yang lewat gerbang dicatat oleh juru tulis. Setelah gerbang utama, Selimbi ini ada juga gerbang kedua, yang disebut dengan pintu gerbang Tadi. Kemudian disusul pintu gerbang ketiga yang disebut Kaliajir.

Pintu gerbang ketiga ini karenanya lebih dekat dengan pusat Keraton. Sekitar 1 1,5 mil dari pintu gerbang Selimbi, tampaklah alam Mataram yang subur, sawahnya sangat luas, hingga batasnya pun tidak tampak oleh pandangan mata.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.8927 seconds (0.1#10.140)