TMMD 108 Kodam V/Brawijaya Wujudkan Masyarakat Produktif Saat Pandemi

Jum'at, 31 Juli 2020 - 08:57 WIB
loading...
TMMD 108 Kodam V/Brawijaya Wujudkan Masyarakat Produktif Saat Pandemi
Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi memakaikan masker kepada warga Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.Foto/Pendam V
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 di Jawa Timur belum mereda, namun kondisi ini tidak menghalangi Satgas TMMD di wilayah Kodam V/Brawijaya menyelesaikan berbagai pembangunan di lokasi TMMD 108 ini.

TMMD yang diadakan selama 30 hari sejak 2 Juli itu sasarannya selain Kabupaten Tulungagung, juga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Beberapa fasilitas umum pun mulai kelihatan di lokasi TMMD.

(Baca juga: Putra Putri Jawa Timur Jadi Lulusan Terbaik IPDN Angkatan XXVII )

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi menyebutkan, jika TMMD 108 di Jawa Timur baru saja ditutup. Hasil karya kemanunggalan TNI dan rakyat yang dikerjakan selama masa pandemi sudah dirasakan masyarakat di wilayah sasaran TMMD 108.

Salah satunya jalan beton sepanjang 1.300 meter dengan lebar 3 meter di Desa Pandansari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Jalan tersebut mulai bisa dilintasi oleh masyarakat.

TMMD 108 Kodam V/Brawijaya Wujudkan Masyarakat Produktif Saat Pandemi

Satgas TMMD 108 dan masyarakat Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, menyelesaikan pembangunan jalan.Foto/Pendam V

Tidak hanya itu saja, di desa itu terdapat beberapa rumah milik warga yang dijadikan sasaran pelaksanaan RTLH. Pembangunan itu dilakukan langsung oleh Satgas TMMD Kodim 0821/Lumajang. “Ada 10 rumah warga yang jadi sasaran pelaksanaan RTLH,” kata Imam, Kamis (30/7/2020).

Bahkan, kata Kolonel Imam, pembangunan di lokasi TMMD itu mendapat respon positif dari masyarakat. Itu terlihat ketika masyarakat di lokasi TMMD ikut berpartisipasi menyelesaikan berbagai pengerjaan fasilitas umum di desa mereka.

“Tanpa diminta, warga berbondong-bondong ikut serta membangun. Adanya TMMD ini, ternyata mampu menggugah semangat kegotong-royongan masyarakat. Itu menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya TMMD saat ini,” jelasnya.

Ternyata, hal serupa pun juga terjadi di lokasi TMMD di Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Beberapa waktu lalu, ujar Kapendam, perbaikan rumah milik Widji (74), salah satu warga Desa Ngepoh, berhasil memancing semangat gotong-royong warga sekitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)