Pemberdayaan Masyarakat, Pandawa Ganjar Gelar Pembuatan Jamu

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 20:09 WIB
loading...
Pemberdayaan Masyarakat, Pandawa Ganjar Gelar Pembuatan Jamu
Relawan Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan Workshop Pembuatan Jamu Tradisional di Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Indonesia kaya akan rempah-rempah yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk pengobatan. Dengan kenyataan itu, relawan Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan Workshop Pembuatan Jamu Tradisional di Kabupaten Sukabumi.

”Ini sebagai momentum mengingatkan masyarakat terutama generasi muda dalam melestarikan apa yang sudah diberikan leluhur, salah satunya jamu tradisional yang selama ini telah menjadi identitas bangsa Indonesia," kata Korwil Pandawa Ganjar Jawa-Bali Haldoko Danantyas Subandoro di Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut Pandawa Ganjar memberikan sejumlah materi seputar proses produksi jamu tradisional. Mulai dari bahan baku dan tanaman yang bisa digunakan dalam mengolah jamu tersebut.

Haldoko menyarankan peserta menanam tanaman terlebih dahulu di pekarangan rumah sehingga dapat menekan biaya pembelian bahan baku. "Hari ini materi yang disampaikan masih dasar, seputar bahan baku jamu, olahannya apa saja dan khasiat dari jenis jamu yang diolah itu apa saja,” lanjutnya.

Targetnya, Pandawa Ganjar bisa memberikan materi lanjutan seputar pemasaran. Sehingga selain dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi, masyarakat bisa menjual produknya tersebut ke pasaran. Hal tersebut tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Haldoko berharap pembelajaran pembuatan jamu tradisional kali ini bisa berproses dengan baik. "Semoga masyarakat yang mengikuti kegiatan hari ini dapat memasarkan hasil produksi jamunya hingga go international," lanjutnya.

Perwakilan Masyarakat Desa Cimahi Luki Artur Rifaldi mengatakan, peserta sangat antusias selama proses kegiatan tersebut berlangsung. Pelatihan sangat bermanfaat menambah ilmu dan inovasi guna menuntut masyarakat untuk terus maju menciptakan hal baru.

"Hadirnya Pandawa Ganjar ini sangat baik, apalagi dikemas dengan kegiatan workahop. Ini salah satu inovasi dan program yang berdampak baik dalam meningkatkan wawasan masyarakat, langkah yang tepat untuk turun aksi membantu persoalan masyarakat," katanya.

Dia meyakini pengobatan herbal salah satu alternatif yang baik di tengah mahalnya pengobatan berbasis bahan kimia. "Cukup menggunakan apa yang ada di alam salah satunya jamu," jelasnya.

Luki berharap Pandawa Ganjar bisa konsisten membantu masyarakat dengan program yang berdampak positif.
"Harapan kami untuk Pandawa Ganjar sebagai fasilitator dalam gerakan Pak Ganjar dapat terealisasikan dan bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)