Bupati Asmat Menghadiri Pesta Rumah Jew Baru di Kampung As

Kamis, 30 Juli 2020 - 19:14 WIB
loading...
Bupati Asmat Menghadiri Pesta Rumah Jew Baru di Kampung As
Budaya lokal harus dijaga, bila perlu kenalkan kepada orang di luar Asmat, ditengah kemajaun bangsa yang pesat, ciri khas kita tidak pernah redup ditelan zaman.
A A A
ASMAT - Bupati Asmat Elisa Kambu menghadiri pesta kehadiran rumah jew (rumah adat) baru di Kampung As Distrik Pulau Tiga Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Rabu (29/7/2020).

Pesta rumah jew baru, dihahadiri pula, Wabup Asmat Thomas E.Safanpo, Wakil Ketua I DPRD Asmat Silvester Diforo Biakai, Kapolres Asmat Andi Yosep Enoch, serta tamu undangan setempat.

Dalam pantauan, pesta rumah adat di Kampung As, masyarakat meramaikannya dengan memukul tifa serta bersorak meriah beryanyi dan menari.

Adapun itu, dilangsungkan juga dengan makan bersama, menu makanan untuk pesta adat di Kabupaten Asmat pada khususnya selalu disiapkan makanan khas lokal yakni ulat dan sagu.

Adapun itu, disandingkan pula dengan hasil alam di lingkungan masyarakat setempat seperti, kelapa muda, umbi-umbian, pisang dan lain-lain.

Di sela gelarnya pesta kehadiran rumah jew inipun, Bupati memberi apresiasi kepada warga kampung As Distrik Pulau Tiga. "Saya memberi apresiasi kepada warga Kampung As Distrik Pulau Tiga, karena masih konsisten lestarikan budaya lokal seperti membangun kembali rumah jew", ujarnya.

Ia mengimbau, pelestarian budaya lokal adalah kewajiban seluruh masyarakat, baik itu masyarakat di Kampung As dan di Kabupaten Asmat pada umumnya.

Budaya lokal kita harus dijaga, bila perlu kita kenalkan kepada orang di luar Kabupaten Asmat, bahwa ditengah kemajaun bangsa yang semakin pesat, ciri khas kita tidak pernah redup ditelan zaman.

"Mari kita lestarikan, bersatu padu kenalkan budaya lokal Asmat ke seluruh penjuru", ajaknya.

Tidak hanya itu, Bupati mengimbau, untuk seluruh masyarakat di Kampung As agar hidup berdampingan dan saling mengayomi. "Kalau ada kesalapaham, selesaikan dengan baik-baik, kita anak adat, rumah jew (rumah adat) adalah solusi menyelesaikan semua masalah", akuinya.

Hiduplah damai antar sesama, maka akan mendatangakan keberkahan di Kampung.Orang nomor satu di Kota Atas Lumpur inipun, mengingatkan masyarakat di Kampung As agar sekolahkan anak-anak mereka. "Anak-anak harus dikasih sekolah, pendidikan sangat penting, mereka adalah penerus yang akan membangun Kabupaten Asmat, salah satunya di Kampung As", tuturnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)