RSUD Toto Kabila Berhasil Raih Akreditas Paripurna dari LAM KPRS

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:57 WIB
loading...
RSUD Toto Kabila Berhasil Raih Akreditas Paripurna dari LAM KPRS
Direktur LAM-KPRS, dr. Andi Wahyuningsih Attas menyerahkan akreditasi Parpurna RSUD Toto Kabila kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. (Foto: dok Pemkab Bone Bolango)
A A A
KOTA GORONTALO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila berhasil meraih akreditas paripurna bintang 5 dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS).

Akreditas itu diserahkan langsung oleh Direktur LAM-KPRS, dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An., TI, Subspes.T.I.(K), MARS yang diterima langsung oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou didampingi oleh Direktur RSUD Toto Kabila, dr. Serly Daud, M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (21/8/2023).

Bupati Hamim Pou pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada LAM KPRS yang telah melakukan penilaian pada RSUD Toto Kabila dan menghasilkan akreditasi bintang 5 paripurna dan sangat luar biasa.

Bupati Hamim pun berpesan raihan itu tidak boleh hanya sekedar akreditasi, karena masyarakat awam tidak mengetahui apa itu akreditasi, apa itu rumah sakit tipe A, B, C, D dan seterusnya.

"Paling penting itu bagaimana pelayanan RSUD Toto Kabila dengan cepat, mudah, terjangkau, dan manusiawi yang harus menjadi nilai dasar dan harus dipahami dan ditanamkan oleh keluarga besar rumah sakit,"ujanya.

Bupati Bone Bolango dua periode itu menegaskan, apa yang telah dicapai oleh RSUD Toto Kabila hari ini memberi tanggung jawab yang tidak ringan. Ia mengatakan merebut suatu prestasi itu tidaklah mudah dan harus jungkir balik.

"Ini bagi kami adalah prestise untuk menghasilkan produk terbaik agar konsumen puas atas layanan kita. Jangan paradigmanya kesehatan sudah gratis, ada BPJS Kesehatan lalu kita ingin pasien dirawat lama biar makin banyak uang yang masuk. Tidak boleh seperti itu paradigma berpikirnya," ucap Bupati tegas.

Bupati Hamim juga meminta prestasi ini harus diimbangi dengan etos dan budaya kerja seluruh pegawai RSUD Toto Kabila dengan merubah dan meningkatkan, menaikkan, serta memperluas kapasitas."Mari akreditasi ini membuat kita ikut terpacu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat. Mari kita jaga akreditas bintang 5 ini," ucapnya.

Sementara itu, Direktur LAM KPRS. Andi Wahyuningsih Attas MARS turut berbangga melihat capaian RSUD Toto Kabila yang mendapatkan akreditas paripurna.

"Hal ini tidak mudah, apalagi dinilai langsung oleh LAM KPRS karena kita melakukan transformasi dengan mempertahankan mutu rumah sakit," ujarnya.

Diaberpesan akreditas ini tidak hanya sekedar prestasi di atas kertas, tetapi bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya. Ia menjelaskan, akreditasi adalah salah satu indikator bagaimana rumah sakit bisa melakukan pelayanan yang baik dan menjamin masyarakat merasakan pelayanan yang baik.

"Jadi ketika sudah terakreditasi paripurna harus sejalan juga dengan perubahan mindset para pegawai di Rumah Sakit. Saya titip RSUD Toto Kabila harus memuaskan pelayanannya kepada masyarakat karena itulah tujuan utama kita bukan hanya akreditas saja," ujarnya.

Ia pun menyampaikan selamat kepada Kabupaten Bone Bolango karena sudah mempunyai RSUD Toto Kabila yang luar biasa dan potensial sekali untuk menjadi Rumah Sakit Unggulan.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3211 seconds (0.1#10.140)