Banjir Terjang 28 Desa di Aceh Tenggara, 4.843 Jiwa Terdampak

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:28 WIB
loading...
Banjir Terjang 28 Desa di Aceh Tenggara, 4.843 Jiwa Terdampak
Banjir masih melanda wilayah Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Akibatnya, 28 Desa dan 4.843 jiwa terdampak. Foto/Dok BNPB
A A A
ACEH TENGGARA - Banjir masih melanda wilayah Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Banjir pada sejumlah desa berlangsung sejak Kamis 17 Agustus 2023 membuat 4.843 jiwa terdampak, namun tidak ada laporan warga terdampak yang mengungsi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara mencatat sejumlah 28 desa atau gampong yang tersebar di 5 kecamatan dilanda banjir.

“Populasi terdampak, BPBD mendata sebanyak 1.177 KK atau 4.843 jiwa. Penanganan darurat telah diupayakan BPBD setempat sejak awal kejadian,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (21/8/2023).



Pemkab Aceh Tenggara telah mendistribusikan bantuan 115 paket berupa makanan dan non makanan. Selain itu, Tim Reaksi Cepat BPBD memasang tenda untuk mengantisipasi apabila ada warga yang harus diungsikan ke tempat aman.

BPBD juga memasang hidran umum di beberapa lokasi sehingga warga dapat mengakses air bersih.Bencana ini menjadi perhatian Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang kemudia memantau dan meninjau langsung wilayah terdampak banjir.

Personel BPBD berada di lokasi untuk bersiaga di lokasi terdampak. Di samping itu, mereka melakukan kaji kebutuhan dan berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan terdampak.



Sejumlah desa yang tersebar di 5 kecamatan yang masih tergenang banjir yaitu Desa Kuta Buluh, Lawe Hijo metuah, Lawe Hijo Gabungan, Lawe Hijo, Kuning I, Kute Seri, Rikit, Pedesi, Pinding, Seperai, Pulo Perengge.

Kemudian Terutung Payung Gabungan dan Terutung Payung Hulu di Kecamatan Bambel.Kecamatan Bukit Tusam, desa terdampak yaitu Desa Darul Imami, Gumpang, Kuta Lingga, Tenembak Bintang, Kuta Gekhat dan Maha Singkil
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)