Meriahkan HUT Ke-78 RI, Gereja di Papua Gelar Berbagai Lomba

Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:27 WIB
loading...
A A A
"Karena menurut kami ini sama pentingnya dengan perayaan hari-hari besar keagamaan. Jadi harapan kami pemerintah kota dan provinsi bisa mendukung itu," ucapnya.

Dia juga berharap melalui momen peringatan HUT Ke-78 RI ini, semangat para pejuang kemerdekaan dijadikan motivasi untuk kaum muda Papua mengejar cita-citanya. Menjauhi pergaulan negatif termasuk yang mengarah ke disintegrasi bangsa.

"Anak-anak muda adalah harapan besar bangsa. Sehingga dengan perayaan seperti ini bisa memunculkan semangat ke arah positif. Bisa menjauhkan diri dari narkoba pergaulan buruk dan bisa menjauhkan diri dari pengaruh disintegrasi bangsa. Jauhkan dari hal-hal itu dan fokus pada diri sendiri, keluarga serta bangsa dan negara supaya kita bisa membangun Indonesia lebih maju," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba HUT Ke-78 RI di Gereja Pantekosta Isa Almasih Metonoia dan Panti Asuhan Waritore, Pendeta Pdt. Jonah Lasol berharap dengan perlombaan yang digelar dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda Papua terhadap NKRI.

"Harapan kami generasi Papua, anak- anak ini memiliki nilai-nilai kebangsaan yang kuat dihati mereka dan akan lebih mencintai Indonesia dan mereka bisa merasa bahwa mereka ada didalam NKRI. Ini nilai-nilai yang harus kita tanaman dari sekarang generasi muda kita bisa tumbuh dalam kecintaan terhadap NKRI," ucapnya.

"Jadi yang peserta lomba ini adalah anak-anak panti asuhan di sini, jadi mereka sangat bahagia dan berkualitas merayakan HUT Kemerdekaan," imbuhnya.

Sementara Pendeta George Sorontouw dari Gereja Kristen Nazarene Jemaat Aletheia sekaligus Sekretaris Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura (PGGJ) mengaku bersyukur Papua menjadi bagian dari NKRI, yang dikatakannya bangsa yang diberkati Tuhan.

"Sungguh sebuah kebanggaan ada di negara ini, kami bersyukur kami ada di bangsa ini, bangsa yang diberkati Tuhan. Oleh sebabnya di usia ke 78 tahun ini, kalau kita bilang dalam sisi kedewasaan itu sudah masuk usia sangat dewasa. Artinya ada banyak komponen yang dikejakan oleh bangsa ini bersama anak-anak bangsa yang luar biasa,"ucapnya.

Dia berharap, seluruh generasi muda Papua untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan harta benda dan bahkan nyawa mereka.

"Mari isi kemerdekaan dengan terus berkarya positif memaksimalkan potensi diri, sehingga kita menjadi kebangsaan keluarga, masyarakat bangsa dan negara. Bangun Papua supaya bisa setara dengan daerah lain di Indonesia. Kalian adalah masa depan bangsa ini, maka jangan mudah terprovokasi dan teruslah berkarya kearah yang postif," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)