Tarekat Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini

Kamis, 30 Juli 2020 - 09:44 WIB
loading...
Tarekat Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini
Ratusan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah sudah melaksanakan Salat Id pada Kamis pagi (30/7/2020) di Surau Baru, Kampung Baru, Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Foto/iNews TV/Budi Sunandar
A A A
PADANG - Ratusan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah sudah melaksanakan Salat Id pada Kamis pagi (30/7/2020) di Surau Baru, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Mereka menetapkan Idul Adha 1441 H ini dilakukan melalui penghitungan kalender Hisab Munjid yang dipercaya secara turun temurun sejak ratusan tahun yang silam.

Satu persatu jamaah Tarekat Naqsabandiah ini memenuhi Surau Baru guna melaksanakan Salat Idul Adha. Suara takbir terdengar berkumandang di Masjid Naqsabandiah Kecamatan Pauh ini menandakan jatuhnya 10 Dzulhijah 1441 H pada 30 Juli 2020. (Baca juga: Kasus Pertama di Aceh Tengah, Perawat dan Dokter Positif COVID-19)
Tarekat Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini

Dengan khusyuk dan penuh hikmat puluhan Jamaah Naqsabandiah ini melaksanakan Salat Idul Adha bersama di Masjid Surau Baru. Salat ID ini dipimpin langsung oleh Ustaz Naqsabandiah Daerah Pauh, Buya Zahar. (Baca juga: Bidan Desa Ini Kerap Dicaci dan Diteror karena Tangani COVID-19)

Buya Zahar mengatakan, penetapan ini 10 Dzulhijah ini berdasarkan penghitungan Kalender Hisab Munjid yang telah dipercayai secara turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu. “Metode Hisab Munjid adalah menghitung 100 malam dari akhir bulan Ramadhan hingga masuknya bulan Arafah yang jatuhnya Idul Adha hari ini,” kata dia.

Menurut dia, kendati selalu berbeda menetapkan Idul Adha dengan pemerintah namun hal tersebut tidak pernah dipedebatkan oleh para jamaah. Karena tradisi ini sudah merupakan ajaran turun temurun dari nenek moyang para penganut Tarekat Naqsabandyiah

Setelah melaksanakan Salat Id, Ustad Naqsabandiah membacakan ceramah berbahasa Arab. Pada tahun ini pelaksanaan idul adha sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena dampak pandemi Corona yang berdampak terhadap turunnya minat berkurban para jamaah. “Untuk tahun ini hanya 3 ekor kambing yang akan disembelih di mesjid ini,” tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)