Kembangkan Soft Skill, Santri Ganjar Gelar Pelatihan Public Speaking

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:08 WIB
loading...
Kembangkan Soft Skill, Santri Ganjar Gelar Pelatihan Public Speaking
Relawan SDG Riau menggelar pelatihan public speaking di Ponpes Al Baidha, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, Rabu (9/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Riau menggelar pelatihan public speaking di Kota Pekanbaru. Public speaking merupakan salah satu kemampuan soft skill yang diperlukan untuk menyongsong masa depan.

"Kami melaksanakan pelatihan public speaking terhadap santri gunanya untuk ke depannya para santri mendapatkan bekal ketika keluar daripada pondok pesantren ini dan juga pemateri yang kami hadirkan juga berpengalaman dalam bidang public speaking," kata Korwil SDG Riau Syarif Hidayatullah di Ponpes Al Baidha, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, Rabu (9/8/2023).

Kegiata ini menghadirkan sosok pemuda inspiratif Picky Wahyudi yang berpengalaman dalam public speaking dan menyampaikan sejumlah kiat berbicara di depan umum. Beberapa hal perlu disiapkan supaya mampu berbicara di depan umum.

Mulai dari membangun kepercayaan diri, mengatur tatapan mata, tempo berbicara, intonasi, dan mimik wajah. Tak hanya sekadar materi, bahkan para peserta itu pun dipersilakan untuk maju menunjukkan kebolehan public speaking di depan masyarakat pesantren.

Syarif berharap, kegiatan itu mampu meningkatkan kapasitas dan potensi para santri agar menjadi pribadi berkualitas dan berdaya saing. "Ketika mereka keluar dari pondok bisa berbaur terhadap masyarakat dan nantinya bisa memimpin masyarakat dengan bahasa-bahasa yang baik," jelasnya.

Salah satu santri, Rizky (18) menjelaskan kegiatan pelatihan ini dinilai sangat tepat untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri. "Baguslah untuk melatih kepercayaan diri kan saya juga orang yang kurang pede (percaya diri). Alhamdulillah bisa tahu tentang ilmu ini dan bisa tampil di depan banyak orang atau menyampaikan sesuatu yang sangat penting tanpa ada rasa malu dan pede," katanya.

Pada momen ini SDG Riau bersama santri menggelar doa bersama untuk kemaslahatan bangsa dan Negara. Juga kelancaran langkah Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. SDG Riau juga menyerahkan bantuan bahan bangunan untuk menunjang aktivitas menimba ilmu para santri di Ponpes Al Baidha.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)