1.000 Bibit Pohon Durian Hijaukan Tiga Desa di Banyumas

Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:58 WIB
loading...
1.000 Bibit Pohon Durian Hijaukan Tiga Desa di Banyumas
Gerakan meningkatkan ekonomi masyarakat digalakkan dengan penanaman 1.000 bibit pohon durian bawor di tiga desa di Banyumas. Foto/Ist
A A A
BANYUMAS - Gerakan meningkatkan ekonomi masyarakat digalakkan di wilayah Banyumas, Jawa Tengah dengan penanaman 1.000 bibit durian bawor. Penanaman disebar di tiga desa yaitu Desa Petaunan, Karang Tengah dan Babakan.

Gerakan ini diharapkan bisa membantu penghijauan serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi penerima manfaat.



“Bagi warga yang pekarangan rumahnya ditanami bibit durian, semoga bisa merawat dengan baik sampai panen tiba. Pendapatan bisa bertambah, lingkungan tempat tinggal juga lebih asri berkat adanya pohon,” kata EVP Pengembangan dan Jasa Manajemen PNM Razaq Manan Ahmad di Desa Petaunan, Banyumas, dikutip (9/8/2023).

Gerakan ini diinisiasi PNM bekerja sama dengan benihbaik untuk meningkatkan penghijauan serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi penerima manfaat.

Perekonomian di Banyumas sendiri mengalami kontraksi hingga -1,65 persen pada masa pandemi Covid-19. Hal ini yang juga melandasi pemilihan tiga desa di Banyumas sebagai lokasi penanaman durian bawor.

Selain itu, durian bawor juga memiliki beberapa keunikan di antaranya tingkat kematian pohon yang cukup rendah yaitu di bawah 2 persen dan memiliki nilai yang tinggi karena memiliki daya saing internasional.



“Kami juga berharap nantinya program ini bisa meluas ke desa lain di Banyumas dan menjadikan Kota ini sebagai sentra durian,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)