Gempa 5,5 SR Getarkan Padang dan Muko-Muko

Senin, 09 Januari 2017 - 20:21 WIB
Gempa 5,5 SR Getarkan Padang dan Muko-Muko
Gempa 5,5 SR Getarkan Padang dan Muko-Muko
A A A
PADANG - Gempa bumi berkekuatan 5,5 SR menggetarkan Kota Padang (Sumatera Barat) dan Muko-Muko (Bengkulu) selama 5-10 detik, pada Senin (9/1/2017) pukul 18.28 WIB. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 km dengan pusat gempa 64 km barat laut Pesisir Selatan atau 83 km barat daya Kota Padang Sumatera Barat.

Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan konfirmasi ke BPBD.

“Gempa dirasakan keras di Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Muko-Muko (Bengkulu). Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan. Di Muko-muko dilaporkan gempa dirasakan mengayun secara horisontal selama 5-10 detik,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews.

Gempa juga dirasakan ringan hingga sedang di Solok, Pariaman, dan Padang Pariaman. Gempa susulan dengan intensitas ringan dirasakan oleh masyarakat. Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan dan situasi saat ini sudah normal kembali

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa dirasakan dari USGS (Badan Geologi Amerika) intensitas gempa dirasakan di Kota Padang, Pesisir Selatan dan Muko-Muko IV MMI (ringan). Bahkan daerah terdekat dengan pusat gempa intensitasnya ringan hingga sedang.

Mengacu pada peta guncangan gempa dirasakan tersebut, diprediksikan tidak ada kerusakan bangunan yang masif. Secara Umum, bangunan akan rusak berat jika menerima guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)