Festival Tahunan Kopi Manggarai Perkuat Ekosistem UMKM

Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Penyelenggaraan festival sebagai event tahunan daerah secara berkelanjutan kedepannya diharapkan akan dapat membentuk ekosistem event khas daerah.

Khususnya Festival Kopi yang pada event kali ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dengan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Arabika Flores Bajawa (MPIG-AFB). Kerja sama ini terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang kepariwisataan melalui pengelolaan komoditas unggulan kopi di NTT.

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina menyampaikan bahwa Festival Kopi Manggarai ini merupakan event tahunan yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-2. Targetnya tahun 2024 Festival Kopi Manggarai akan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf.

Diaberharap event ini dapat makin memperkuat ekosistem event khas daerah di Manggarai yang berkelanjutan yang berdampak positif bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi daerah, tetapi juga bagi aspek sosial budaya setempat.

"Kopi sebagai signaturenya orang Manggarai dan event tahunan ini kami targetkan tahun 2024 masuk dalam KEN Kemenparekraf. Event ini akan memperkuat ekosistem event khas daerah serta media meningkatkan nilai jual produk kopi Mangggarai. BPOLBF juga berkomitmen mendukung ekosistem kopi berkelanjutan dari hulu ke hilir melalui semua program-program kami bekerjasama dengan MPIG dan Pemerintah Daerah, sehingga kedepannya kopi menjadi komoditas produk destinasi," ungkap Shana.

Menurut Shana, pada event kali ini BPOLBF juga memberikan dukungan berupa workshop ekosistem kopi berkelanjutan untuk lebih semangat menghasilkan produk yang berkualitas dan berkelanjutan. Selain itu dilaksanakan lelang kopi pada kegiatan business matching sebagai media pertemuan antara petani kopi atau pengusaha kopi dengan para buyer.

Salah satu pelaku UMKM kopi, Andre dari Kopito bercerita, bagaiamana penyelenggaraan event tahun sebelumnya memberi dampak terhadap penjualan produknya. Saat ini sudah masuk di gerai UMKM di Labuan Bajo yang berdampak pada peningkatan penjualan.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih telah diberi kesempatan dalam Festival Kopi Manggarai, karena melalui event ini di tahun sebelumnya produksi dan penjualan kami semakin meningkat. Kami berharap kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin kedepannya, agar kami bisa terus memproduksi dan mempromosikan serta belajar bagaimana cara meningkatkan kualitas produk kopi kami" ungkap Andre.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)