Festival Tahunan Kopi Manggarai Perkuat Ekosistem UMKM

Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:23 WIB
loading...
Festival Tahunan Kopi Manggarai Perkuat Ekosistem UMKM
Festival Kopi Manggarai di Manggarai NTT diikuti 32 UMKM lokal dengan berbagai varian produk. Festival berlangsung di Parkir Katedral Ruteng 4-6 Agustus 2023. Foto/Ist
A A A
MANGGARAI - Festival Kopi Manggarai digelar di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membantu memulihkan perekonomian daerah. Sebanyak 32 UMKM lokal dengan berbagai varian produk mengikuti festival yang digelar di kawasan Parkir Katedral Ruteng 4-6 Agustus 2023.

Sebanyak 12 UMKM di antaranya merupakan UMKM Kopi dari 3 wilayah Manggarai (Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur), Ngada, dan Ende memamerkan produk di festival bertema "Ruteng Coffee and Music Festival: A True Inspiration."



Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Vinsensius Jemadu menjelaskan bahwa event ini merupakan salah satu instrumen untuk memulihkan perekonomian daerah.



"Salah satu instrumen yang bisa memulihkan perekonomian dan yang bisa mengumpulkan massa dalam skala besar yaitu melalui event. Oleh karena, itu kami mendukung penuh Festival Kopi Manggarai ini. Kualitas yang ada didalam event adalah sebuah nilai tambah dari sisi ekonomi UMKM, sosial budaya kearifan lokal, dan tentunya juga aspek keberlanjutan lingkungan," kata Vinsen, Minggu (6/8/2023).

Menurut Vinsen, kolaborasi seluruh stakeholder dan partisipasi masyarakat akan memberi kontribusi untuk pembangunan daerah.

Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit berharap penyelenggaraan event memberi dampak bagi para pelaku UMKM, hotel, kuliner, dan pelaku usaha lainnya sehingga terjadi peningkatan ekonomi. Selain itu penyelenggaraan event juga dapat memberi tambahan hiburan bagi masyarakat.



"Festival Kopi selama 3 hari ke depan ini bukan hanya akan berdampak baik bagi penjualan produk UMKM yang hadir di venue, tetapi juga pada okupansi hotel dan penginapan, sentra kuliner, dan juga sentra oleh-oleh yang ada di Ruteng. Saya berharap penyelenggaraan Festival Kopi ini dapat secara maksimal dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang ada di Kota Ruteng dan sekaligus memberi hiburan bagi masyarakat," ungkap Hery.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2778 seconds (0.1#10.140)