Srikandi Ganjar Ajak Pemuda Simalungun Bikin Dayok Nabinatur

Minggu, 30 Juli 2023 - 12:35 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Ajak Pemuda Simalungun Bikin Dayok Nabinatur
Relawan Srikandi Ganjar Sumut membuka kelas pelatihan memasak makanan Dayok Nabinatur di Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sabtu (29/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SIMALUNGUN - Relawan Srikandi Ganjar Sumut membuka kelas pelatihan memasak adat khas Simalungun, Dayok Nabinatur. Kegiatan tersebut dilangsungkan di daerah Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

”Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kuliner yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Simalungun tersebut,” kata Pengurus Srikandi Ganjar Sumut Bina Safrina Sabtu (29/7/2023).

Dia berharap agar pelatihan ini bisa menjadi modal untuk mewarisi keterampilan membuat makanan adat Dayok Nabinatur kepada generasi muda Simalungun. "Supaya milenial di Simalungun ini lebih mengedepankan masakan daerah. Juga beberapa milenial itu kan sudah keluar dari daerah, tapi setelah keluar dari daerah, mereka tetap tahu cara masaknya," lanjutnya.

Perempuan milenial tersebut menuturkan, Dayok Nabinatur memiliki nilai sejarah dan filosofi tersendiri bagi masyarakat Simalungun. Sebab, dahulu kuliner ini hanya dihidangkan untuk kalangan raja dan kaum bangsawan.

Namun Dayok Nabinatur kini menjadi makanan yang biasa dihidangkan pada saat acara-acara adat dan pesta masyarakat Simalungun. "Makanan ini sudah dibuat dari nenek moyang terdahulu. Filosofinya itu ayam yang dipotongnya lengkap, dimasak dengan lengkap ada kepalanya, paha, dada, hingga kakinya itu semua dimasak," ujarnya.

Dalam kelas tersebut, relawan menggandeng salah satu tokoh adat Simalungun cara memasak Dayok Nabinatur, mulai dari bahan-bahan hingga cara pengolahannya. Bina menyebut kegiatan yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo akan terus berlanjut.

Dia merencanakan akan terus menggelar kegiatan yang memberdayakan perempuan milenial. "Seperti kegiatan pelestarian kebudayaan, belajar teknik marketing, cara mereka berjualan, atau cara mendapatkan cuan di usia muda," katanya.

Usai kegiatan memasak, Srikandi Ganjar juga mengajak para peserta makan bersama. Keseruan dan kebersamaan antar peserta dan relawan nampak terlihat saat mereka duduk bersama menyantap Dayok Nabinatur.

"Saya merasa senang, saya juga merasa bahagia, happy. Semoga selesai dari acara ini, saya boleh masak di rumah dengan resep yang sudah diberikan panitianya," kata salah satu peserta, Fuspa Esika Manik (24).

Fuspa berharap Srikandi Ganjar bisa kembali hadir menggelar kelas memasak untuk jenis makanan lainnya. "Semoga setelah acara ini, ada juga acara-acara selanjutnya tentang memasak-masak yang lain. Bukan cuma makanan khas Simalungun ini saja," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)