Ini Tips Dokter RSA UGM Cegah Penularan COVID-19 Lewat Udara

Selasa, 28 Juli 2020 - 17:18 WIB
loading...
Ini Tips Dokter RSA UGM Cegah Penularan COVID-19 Lewat Udara
Penyebaran COVID-19 secara umum terjadi melalui percikan droplet. Namun sejumlah penelitian terbaru menunjukkan adanya penyebaran virus melalui transmisi udara. Meskipun untuk penelitian ini masih terus dikaji. (Foto/SINDOphoto/Dok)
A A A
YOGYAKARTA - Penyebaran COVID-19 secara umum terjadi melalui percikan droplet. Namun sejumlah penelitian terbaru menunjukkan adanya penyebaran virus melalui transmisi udara. Meskipun untuk penelitian ini masih terus dikaji.

Badan kesehatan dunia PBB (WHO) belum laman ini juga merilis soal potensi COVID-19 bersifat airborne atau dapat menyebar melalui udara, terutama di ruang tertutup dan minim ventilasi.

Mengenai hal tersebut, Dokter Spesialis THT- KL, Rumah Sakit Akademi (RSA) UGM , Anton Sony Wibowo mengatakan untuk penularan COVID-19 lewat udara berarti partikel virus bisa bertahan lebih lama di udara. Sehingga potensi penyebaran virus lebih besar jika berada di ruangan tertutup atau ventilasi yang buruk karena udara hanya berputar di ruang itu saja .

“Sebagai antisipasinya, maka saat beraktivitas sebisa mungkin menghindari di ruangan tertutup. Jika terpaksa berada di ruangan tertutup dalam jangka waktu lama tetap gunakan masker. Termasuk menghindari hindari ruangan yang kedap atau dengan sirkulasi tertutup,” jelas Anton dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/7/2020). (BACA JUGA: Usai TikTok, India Kembali Tendang Puluhan Aplikasi Buatan China)

Selain itu untuk meminimalisir transmisi virus corona lewat udara, masyarakat juga dapat melakukan pengaturan ventilasi pada ruangan, menjaga sirkulasi udara terus mengalir baik dari luar ke dalam dan dalam keluar dan kecukupan sinar matahari serta membatasi jumlah orang dalam satu ruangan secara terbatas.

“Untuk itu masyarakat tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” terangnya.

Anton menambahkan yang tidak kalah penting untuk mencegah penyebaran COVID-19 yakni dengan menjalankan protokol kesehatan. (BACA JUGA: Tragedi Muhammad Ali Intai Duel Mike Tyson vs Roy Jones di Usia 50)

Yakni mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta yang segera memeriksakan diri jika ada riwayat kontak dengan pasien yang konfirmasi atau terduga te infeksi COVID -19.
(vit)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3444 seconds (10.177#12.26)