Crazy Rich Brebes Tersangka Korupsi Pertambangan, Diborgol dan Dijebloskan Tahanan

Selasa, 18 Juli 2023 - 20:22 WIB
loading...
Crazy Rich Brebes Tersangka Korupsi Pertambangan, Diborgol dan Dijebloskan Tahanan
Crazy rich asal Brebes, Jawa Tengah, berinisial WAS diborgol dan dijebloskan tahanan oleh tim jaksa penyidik Kejati Sulawesi Tenggara, karena menjadi tersangka kasus korupsi pertambangan di wilayah Kabupaten Konawe Utara. Foto/iNews TV/Mukhtaruddin
A A A
KONAWE - Crazy rich asal Brebes, Jawa Tengah, berinisial WAS dan dijebloskan tahanan oleh tim jaksa penyidik Kejati Sulawesi Tenggara, Selasa (18/7/2023). Pemilik PT Lawu Agung Mining (LAM) tersebut, ditetapkan sebagai tersangka korupsi pertambangan di Kabupaten Konawe Utara.



Penahanan terhadap WAS tersebut, dilakukan tim jaksa penyidik Kejati Sulawesi Tenggara, usai yang bersangkutan menjalani pemeriksaan. Menurut Asisten Intelijen Kejati Sulawesi Tenggara, Ade Hermawan, WAS ditetapkan sebagai tersangka karena ditemukan bukti-bukti kuat tentang keterlibatannya dalam dugaan tindak pidana korupsi pertambangan nikel.



Pertambangan nikel tersebut, berada di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) PT Antam Konawe Utara, yang ditaksir merugikan negara senilai Rp5,7 triliun. Setelah ditetapkan tersangka, WAS ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung di Jakarta.



"Sebelumnya yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi, lalu ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan selama 20 hari ke depan. Dalam waktu dekat, penahanan yang bersangkutan akan dipindahkan ke Kendari, untuk penyidikan," ungkap Ade, Selasa (18/7/2023)

Ade menuturkan, kasus korupsi ini berawal dari adanya perjanjian Kerjasama Operasional (KSO), antara PT Antam dengan PT LAM serta Perusahaan Daerah Sulawesi Tenggara, dan Konawe Utara.

WAS sebagai pemilik PT LAM, adalah pihak yang mendapat keuntungan dari tindak pidana korupsi pertambangan nikel, dengan cara menjual hasil tambang nikel di wilayah PT Antam menggunakan dokumen RKAB dari PT KKP, dan beberapa perusahaan lain di sekitar Blok Mandiono.

Crazy Rich Brebes Tersangka Korupsi Pertambangan, Diborgol dan Dijebloskan Tahanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5103 seconds (0.1#10.140)