IKM Kota Kediri Optimistis Tembus Pasar Global via ICE 2023 di Makassar

Kamis, 13 Juli 2023 - 11:03 WIB
loading...
IKM Kota Kediri Optimistis Tembus Pasar Global via ICE 2023 di Makassar
Produk dari Kota Kediri dipamerkan pada Indonesia City Expo (ICE) 2023 dalam rangka Rakernas Apeksi XVI di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulsel. Foto/Ist
A A A
MAKASSAR - Produk-produk dari Kota Kediri dipamerkan pada Indonesia City Expo (ICE) 2023 dalam rangka Rakernas Apeksi XVI di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan. Event ini merupakan pameran promosi kota se Indonesia yang berlangsung 12-15 Juli 2023.

Berbagai produk yang dipamerkan mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan.



Pada booth Kota Kediri di tahun ini menampilkan produk industri kecil menengah (IKM) andalan Kota Kediri, salah satunya tepung gluten free.

Tepung ini telah dieksor ke beberapa yaitu di Australia, Eropa dan Amerika. Ada pula tenun ikat Kota Kediri turut dipamerkan. Seperti kain, sarung goyor, syal, dan produk turunannya. Lalu ada kerajinan dari batok kelapa, adapula tas kombinasi kulit dan tenun yang telah dipasarkan nasional.

Tak ketinggalan produk-produk makanan khas Kota Kediri juga dipamerkan. Sambel pecel, stik tahu, hingga aneka keripik turut mewarnai booth Kota Kediri. Bahkan keripik tempe Kota Kediri sudah diekspor ke Arab Saudi.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebut mengikuti pameran ICE pada Apeksi menjadi kesempatan bagi para perajin untuk memperluas pasar.



Sehingga produk-produk dari Kota Kediri semakin dikenal dan industri kerajinan yang ada pun menjadi besar. Pameran ini juga membantu peningkatan kemampuan dalam menampilkan produk maupun ciri khas tiap kota. Sehingga cukup membantu para pelaku usaha khususnya UMKM memamerkan ke kota lain di Indonesia.

"Jadi mengikuti pameran semacam ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Kediri untuk membuat produk-produk unggulan Kota Kediri semakin eksis. Pasar produk UMKM pun juga semakin luas dengan pameran ini," ujarnya, Rabu (12/7/2023).

Abdullah Abu Bakar menambahkan selain mengikuti pameran, untuk memperluas pasar Pemkot Kediri juga mendorong UMKM untuk go digital.

Pemkot Kediri telah memberikan berbagai pelatihan pemasaran digital ini. Harapannya produk-produk dikenal lebih luas dan UMKM Kota Kediri bisa menjadi besar. Apalagi saat ini banyak masyarakat gemar belanja online.

“Kita kerjasama dengan beberapa e-commerce untuk membantu memasarkan produk kita. Kalau sudah masuk digital, pasar mereka akan jauh lebih luas," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)