Libur Idul Adha, Polresta Bandung Gelar Rampcheck Kendaraan Umum

Senin, 27 Juli 2020 - 17:16 WIB
loading...
Libur Idul Adha, Polresta Bandung Gelar Rampcheck Kendaraan Umum
Kasatlantas Polresta Bandung Kompol R Erik Bangun Prakasa memimpin rakor pengamanan mudik dan libur Idul Adha 1441 Hijriah di Mapolresta Bandung. Foto/Humas Polresta Bandung
A A A
BANDUNG - Obyek wisata di Kabupaten Bandung, seperti Ciwidey, Pangalengan, dan lain-lain, menjadi tujuan wisata warga untuk mengisi liburan.

Lokasi objek wisata yang berada di dataran tinggi tersebut cukup berisiko jika kondisi kendaraan, terutama angkutan umum, tidak prima. (BACA JUGA: Laka Maut Cimenyan, Polresta Bandung Imbau Masyarakat Waspada )

Karena itu, menjelang libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung menggelar rampcheck terhadap angkutan umum, baik yang membawa penumpang mudik maupun menuju lokasi wisata di Kabupaten Bandung.

"Selain rampcheck, kami juga menggelar rapid test terhadap para sopir angkutan umum tersebut," kata Kasatlantas Polresta Bandung Kompol R Erik Bangun Prakasa, Senin (27/7/2020). (BISA DIKLIK: Gara-gara Tersinggung, Ayah Tiri Ini Tega Bunuh Bocah 5 Tahun )

Kompol Erik mengemukakan, saat ini Satlantas Polresta Bandung juga tengah menyiapkan pengamanan baik di jalur utama maupun jalur wisata. (BACA JUGA: 5 Hari Operasi Patuh Lodaya, Polresta Bandung Tilang 1.505 Pengendara )

Pihaknya menggelar rapat kordinasi bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung terkait pengamanan Idul Adha di wilayah Kabupaten Bandung. Pengamanan lebih mengedepankan keselamatan lalu lintas angkutan Jalan dan sosialiasasi adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Kami menyiapkan sarana prasarana dan rekayasa lalu lintas, serta pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Adha. Seperti, pemasangan rambu, traffic cone, barrier, dan lain-lain," ujar Kompol Erik. (BACA JUGA: Operasi Patuh Lodaya, Ditlantas Polda Jabar Bagikan 250.000 Masker )

Sebagai upaya pencegahan dalam meminimalisasi kecelakaan lalu lintas fatal di Kabupaten Bandung, tutur Kasatlantas, Polresta Bandung dan dinas terkait, akan didirikan posko terpadu.

Inspeksi Keselamatan LLAJ atau rampcheck dilaksanakan di beberapa lokasi. Antara lain, exit Tol Soreang, lokasi wisata Ciwidey dan terminal bayangan Cileunyi.

Selain itu, tutur dia, para pengemudi angkutan umum juga akan dilakukan tes kesehatan dan rapid test secara sampling. "Kami sosialisasikan protokol kesehatan dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru guna memutus mata rantai COVID-19. Kami bagikan masker dan hand sanitizer gratis, serta sterilisasi kendaraan angkutan umum menggunakan disinfektan," tutur Kasatlantas.

Untuk antisipasi, ungkap Kompol Erik, Satlantas Polresta Bandung juga akan menyiagakan alat berat di lokasi rawan laka guna penanganan cepat kejadian laka lantas. "Kami juga koordinasi dengan pihak pengelola wisata terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata," ungkap dia.

Kompol Erik memprediksi, arus kendaraan melintas Tol Cileunyi dan Nagreg akan meningkat menjelang Idul Adha 1441 Hijriah. Sebab, saaat ini tidak penyekatan dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Diprediksi ada peningkatan kendaraan. Namun belum dipastikan kenaikannya berapa persen. Untuk warga yang hendak mudik, kami ingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan aturan keselamatan berlalu lintas," tandas Kompol Erik.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4280 seconds (0.1#10.140)