UMKM Jateng Go International, Ganjar Lepas 380 Produk Solo ke Prancis

Jum'at, 07 Juli 2023 - 20:44 WIB
loading...
A A A
”Terus terang saya bersyukur juga atas support dari pemerintah dan instansi lain, tapi memang perlu lagi effort marketing yang dibutuhkan di negara tujuan. Istilah kami perang darat itu melalui pameran dan showroom. Perang udara itu perang online,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan UMKM harus bisa naik kelas dan go international dan menginspirasi UMKM yang lain. Untuk mendukung keberlanjutan ekspor, penandatanganan kerja sama dengan pihak luar negeri juga dilakukan.

”Kalau UMKM kita sudah go international, ini bisa menjadi inspirasi buat yang lain. Yang lain bisa maju seperti mereka,” kata Ganjar beberapa waktu lalu dalam acara Bursa UMKM.



Ganjar juga menjelaskan bahwa pemerintah juga akan terus memfasilitasi pelaku UMKM yang mau go internasional. Mulai dari pendanaan, memperbanyak event dan pameran di dalam dan luar negeri.

Selain itu, pemerintah juga turut memfasilitasi melalui kedutaan besar di luar negeri. Contohnya, membeli toko dan menjadikannya Rumah Indonesia.

Harapannya, bila konsumen membutuhkan sesuatu dengan tingkat keunikan khas Indonesia, konsumen tahu di mana harus mencarinya.

“Mempromosikan, memperkenalkan dan bertemu dengan pembeli sehingga pertemuan penjual dan pembeli bisa dilakukan di sini. Kelak kemudian ada repeat order (order kembali),” ujarnya.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)