UMKM Jateng Go International, Ganjar Lepas 380 Produk Solo ke Prancis

Jum'at, 07 Juli 2023 - 20:44 WIB
loading...
UMKM Jateng Go International, Ganjar Lepas 380 Produk Solo ke Prancis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melepas 380 produk dari 28 UMKM di Solo Raya diekspor ke Perancis, Jumat (7/7/2023). Foto/Istimewa
A A A
SOLO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas UMKM Jawa Tengah Go International. Sebanyak 380 produk dari 28 UMKM di Solo Raya diekspor ke Prancis, Jumat (7/7/2023).

Pengiriman produk UMKM yang tergabun dalam Kerabat UMKM Solo Raya (Kersa) ke Perancis ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Solo bersama Bank Indonesia, Bank Jateng, dan agregator dari Perancis, Fairindo.

Pelepasan ekspor ini dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di halaman depan Pendhapi Gedhe Balaikota Solo.



Kurator dan CEO Fairindo, Mathieu Mergans mengatakan, pelepasan ekspor produk UMKM dari Solo Raya ke Galeri Indonesia yang berada di Prancis ini merupakan tindak lanjut dari pelepasan ekspor pertama yang dilakukan pada Desember 2022 lalu.

“Pertama pelepasan memang Pemprov Jateng bersama Bank Jateng yang membantu. Melalui Pak Gubernur atas supportnya membantu UMKM agar bisa ekspor. Waktu itu sama-sama untuk se-Jawa Tengah.

Terus ini sama BI Solo dan Pemkot Solo juga mendukung,” kata Mathieu. Selama ini, kata Mathieu, Pemprov Jateng dan Pemkot Solo telah banyak memberikan dukungan dan kemudahan bagi pelaku UMKM.



Misalnya memfasilitasi permodalan, transportasi atau shipping, dan pajak. Sedangkan untuk menjaga keberlanjutan ekspor produk UMKM ke luar negeri, diperlukan beberapa strategi dan pengenalan selera pasar.

Selain itu, semua pihak harus bergerilya supaya produk dari Indonesia mudah dikenal dan dapat dilihat secara terus-menerus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)