Diterjang Banjir, 110 Hektare Sawah di Kolaka Terancam Gagal Panen

Kamis, 06 Juli 2023 - 15:00 WIB
loading...
Diterjang Banjir, 110 Hektare Sawah di Kolaka Terancam Gagal Panen
BPBD Kolaka menyebar TRC-Pb ke sejumlah untuk membantu warga di wilayahnya yang terdampak banjir dan longsor. Foto/Istimewa
A A A
KOLAKA - BPBD Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah merampungkan data dampak bencana banjir dan longsor yang menerjang wilayahnya pada Selasa (4/7/2023). Dampak kerusakan dan kerugian dapat dikategorikan dalam darurat bencana.

Kepala BPBD Kolaka Akbar mengatakan, berdasarkan hasil asesmen di lapangan, dari tujuh kecamatan terdampak, Poliggona dan Watubangga menjadi sasaran banjir terluas.

”Fasilitas air bersih di Polinggona rusak berat dan bercampur lumpur. Warga kesulitan air bersih untuk dimasak dan mandi,” kata Akbar, Kamis (6/7/2023).



Di Polinggona, 675 KK terdampak yang tersebar di Kelurahan Polinggona, Desa Puudongi, Wulunggere, Polenga dan Desa Lamondape.

Selain 40 Ha sawah terendam, jalan umum, jembatan penghubung, rumah ibadah, ponpes dan fasilitas pendidikan lainnya juga tergenang. ”Jaringan listrik PLN terganggu,” katanya.

Sementara di Kecamatan Kolaka hanya 17 KK yang terdampak yakni di Kelurahan Sabilambo. Adapun di Kecamatan Wundulako, Baula, Pomalaa dan Tanggetada tercatat sejumlah 102 KK. “70 Ha sawah di Baula dan Tanggetada. Petani pasrah,” ucapnya.



Di Kecamatan Watubangga terdapat satu kelurahan dan tiga desa terendam dengan total 374 KK terdampak. Pihak BPBD kesulitan mengakses di beberapa tempat tertentu karena terkendala akses jalan yang harus menggunakan kendaraan khusus (sesuai medan).

Tingginya intensitas hujan membuat sungai meluap dan mencapai 1,5 meter per empat jam merendam. Peristiwa yang mulai berlangsung pada pukul 07.30 Wita dikemukakan bertepatan dengan air laut pasang.



Pasca banjir surut pada 15 desa dan kelurahan yang terendam, pihaknya telah menebar Tim Reaksi Cepat (TRC)-Pb membantu korban terdampak. Dari catatan mereka, warga membutuhkan makanan siap saji, air bersih, selimut, matras, perlengkapan keluarga dan bayi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)