alexametrics

Dinkes dan Puskesmas di Siantar Berpotensi Jadi Klaster COVID-19

loading...
Dinkes dan Puskesmas di Siantar Berpotensi Jadi Klaster COVID-19
Pelaksanaan rapid test. Foto/SINDOnews/Sutikno
A+ A-
PEMATANGSIANTAR - Ketua Komisi I DPRD Pematangsiantar Andika Prayogi Sinaga menyarankan pemeriksaan rapid test terhadap seluruh pegawai dinas kesehatan setempat dan pegawai puskesmas di daerah itu.

Saran itu disampaikan politisi Partai Hanura itu pasca-adanya 10 pegawai Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar dinyatakan positif COVID-19.

"Sesuai penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi I DPRD sudah 10 pegawai yang positif Covid 19,sehingga perlu dilakukan langkah cepat,sehingga Puskesmas atau Dinas Kesehatan tidak menjadi pusat penyebaran baru," ujar Andika, Senin (27/7/2020).(BACA JUGA: Kim Jong-un Kecolongan, 70 Persen Rakyat Korut Menonton Drakor)

Andika menambahkan, dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan terhadap pegawai Dinas Kesehatan dan Puskesmas akan segera diketahui siapa saja yang terkena dan harus menjalani isolasi atau perawatan medis.



"Saya khawatir Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kota Pematangsiantar justru menjadi pusat penyebaran virus COVID-19, karena itu perlu dilakukan segera pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pegawainya," ujar Andika, Senin (27/7/2020).

Politisi yang memiliki kepedulian sosial tinggi terhadap masyarakat Kota Pematangsiantar itu berharap,jumlah pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar tidak lagi bertambah jumlahnya.(BACA JUGA: Penyerapan Anggaran COVID-19 Belum Juga Optimal, Jokowi: Kesehatan Baru Terealisasi 7%)



Kepala Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar,Ronald Saragih dalam RDP dengan DPRD Pematangsiantar pada Jumat (24/7/2020) mengatakan penyebab 10 pegawai positif COVID-19 karena adanya kelalaian selaku tenaga kesehatan dalam membuka Alat Pelindung Diri (APD) usai bertugas.

“Padahal mereka sudah kita bekali dengan APD tingkat III,namun karena lalai saat membukanya,sehingga tertular,” sebut Ronald.
(vit)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak