Gempa Bantul M6,4 Bersifat Merusak, Ini Hasil Analisis Geologi PVMBG

Minggu, 02 Juli 2023 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Menurut data sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi, sebagian besar terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi menengah hingga tinggi. Kejadian gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami meskipun lokasi pusat gempa bumi terletak di laut, namun diperkirakan tidak mengakibatkan terjadinya deformasi bawah laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.



Dari data yang ada, wilayah pantai selatan Provinsi DIY, dan Jawa Tengah, tergolong rawan tsunami dengan potensi tinggi tsunami di garis pantai lebih dari tiga meter. Oleh karena itu, PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar bangunan di daerah selatan Provinsi DIY, dan Jawa Tengah, harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi, guna menghindari risiko kerusakan. Selain itu juga harus dilengkapi dengan jalur dan tempat evakuasi.

Wilayah bagian selatan Provinsi DIY, dan Jawa Tengah, tergolong rawan gempa bumi dan tsunami, PVMBG mengimbau agar lebih ditingkatkan upaya mitigasi melalui mitigasi struktural dan non struktural. Kejadian gempa bumi ini, diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya ikutan (collateral hazard) yaitu retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuifaksi.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)