Ini Upaya Ganjar Pranowo Pacu Kemandirian Penyandang Disabilitas di Jateng

Selasa, 27 Juni 2023 - 17:21 WIB
loading...
A A A
“Sebagian peserta pelatihan membuat kopi itu, beberapa sudah sampai memiliki coffee shop. Jadi di sini, kami memberikan pelatihan untuk meningkatkan skill mereka,” katanya.

Tak hanya mendapatkan pelatihan gratis, peserta juga mendapatkan uang saku selama menjalani pelatihan. Tujuannya, agar peserta lebih bersemangat menyerap skill yang diberikan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan pelatihan dan pendampingan merupakan langkah awal bagi penyandang disabilitas untuk terus berkarya lewat produk bernilai jual. Dengan pelatihan dan pendampingan, diharapkan produk yang dihasilkan berkualitas dan sesuai kebutuhan pasar.

Ganjar berharap, Dinas Koperasi UMKM tak hanya sekadar memberi pelatihan dan uang saku, tetapi juga menerima kritik-saran dari penyandang disabilitas. Masukan dari para penyandang disabilitas itu menurut Ganjar sangat penting supaya program pelatihan dan pendampingan sesuai dengan skill yang dibutuhkan.

“Balatkop ini kemudian jadi tempat yang cukup bagus, maka kalau kemudian Balatkop tadi akan membuat program, harapan kita mengacu pada usulan komunitas-komunitas (penyandang disabilitas) itu,” pungkas Ganjar.

Seperti diketahui, Ganjar telah mendorong komitmen pemerintah dalam bentuk kepedulian terhadap penyandang disabilitas lewat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2014 tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Tak hanya itu, Ganjar pun mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pemenuhan Hak Disabilitas.

Ganjar juga aktif menggandeng Baznas hingga SMK untuk menyediakan fasilitas pelatihan berkualitas bagi penyandang disabilitas.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)