Desak Audit Dana Otsus, Pemerintah Diminta Bentuk Tim Independen

Minggu, 26 Juli 2020 - 02:04 WIB
loading...
A A A
Dia mejelaskan, isu yang dimainkan untuk menggagalkan audit otsus ada beberapa hal, yakni referendum, otsus gagal, dan Papua merdeka. Isu-isu tersebut dimainkan oleh elite-elite Papua untuk menutupi kebobrokan yang mereka lakukan.

"Kalau isu referendum itu sengaja terus dimainkan agar pemerintah pusat tidak terkonstrasi atas apa yang terjadi di Papua. Isu otsus gagal, ini harusnya kita sendiri yang malu. Kenapa? Ya karena ternyata kita sendiri yang membuat itu gagal," ungkap dia.

Isu Papua Merdeka, kata Ali, disampaikan, kalau tidak bisa membuat keluarga sejahtera, jangan bicara merdeka. "Kita saja tidak becus urus keluarga mau urus orang Papua yang banyak ini, mau jadi apa. Mari berfikir yang realistis, yang positif. Demi masa depan Papua, demi masa depan anak cucu yang lebih baik," kata Ali.

Terkahir, soal wacana Otsus Jilid II. Ali Kabiay mengemukakan, seharusnya semua rakyat Papua menerima perpanjangan Otsus tersebut, tentu dengan lebih bisa tepat sasaran, bukan diselewengkan untuk kepentingan tertentu.

"Rakyat akar rumput harus benar-benar merasakan otsus. Pembangunan Papua di segala sektor masih perlu digenjot agar setara atau lebih baik dari wilayah lain. Saya sendiri sebagai OAP (orang asli Papua) sangat mendukung Otsus Jilid II. Namun baiknya Otsus Jilid I dievaluasi dan diaudit terlebih dahulu, sehingga jika Otsus jilid II betul ada, kita tidak mengulangi kesalahan yang sama," tandas Ali.
(awd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)