Pengabdian Masyarakat, Dosen FEB UWKS Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Pakal Surabaya

Selasa, 20 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
Pengabdian Masyarakat, Dosen FEB UWKS Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Pakal Surabaya
Pengabdian masyarakat dosen FEB UWKS dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Pakal, Surabaya.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FEB UWKS) melakukan pemberdayaan kepada ibu-ibu rumah tangga Perum Griya Surabaya, Kelurahan Pakal, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dalam rangkaian pengabdian masyarakat. Dosen dibantu mahasiswa terbagi dalam beberapa kelompok. Ada kelompok untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga, penguatan literasi digital bagi remaja masjid dan literasi keuangan untuk anak TK.

Ada tiga dosen untuk pemberdayaan ibu rumah tangga yakni Pratiwi Dwi Karjati, Yanis Ulul Azmi dan Siti Asiah Murni. Untuk literasi digital bagi remaja masjid digawangi Wiwik Herawati, Lilik Pirmaningsih dan Akhmad Zainuddin. Sedangkan literasi keuangan untuk anak TK digagas Dwi Indah Mustikorini, James Tumewu dan Sukamto.

Baca juga: Gubernur Khofifah Ajak Warga Hindari Ujaran Kebencian di Tahun Politik

Untuk pemberdayaan ibu rumah tangga, tim dosen memberikan pelatihan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Sehingga bisa menghasilkan produk yang bisa dijual kembali.

Pratiwi Dwi Karjati, ketua tim pemberdayaan ibu rumah tangga mengaku sejak pandemi Covid-19, banyak warga yang kehilangan mata pencariannya. Sehingga banyak yang bekerja serabutan. "Kami berdayakan ibu-ibunya agar bisa membantu untuk meringankan beban rumah tangga," ujar Pratiwi, Senin (19/6/2023).

Pengabdian Masyarakat, Dosen FEB UWKS Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Pakal Surabaya
.

Ada 20 ibu rumah tangga yang mengikuti kegiatan ini. Para ibu terlihat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Apalagi juga diajari bagaimana membuat promosi melalui media sosial dan sejenisnya.

Oni Wahyudi, salah satu peserta pelatihan mengaku pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat bagi dia dan ibu yang lain. "Karena dibekali keterampilan yang bermanfaat. Bisa menghasilkan uang dengan tidak terlalu banyak mengeluarkan modal," katanya.

Tidak hanya para ibu, pengmas ini juga menyasar kaum muda. Remaja masjid Al Amin di daerah itu juga menjadi targat untuk literasi digital. Tujuannya agar para remaja bisa lebih meningkatkan etika berdigital. Karena tidak bisa dipungkiri saat ini eranya media sosial sehingga dibutuhkan benteng agar media sosial bisa dimanfaatkan untuk hal yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)