Diskominfo Bone Bolango Gelar Sosialisasi dan Bimtek Wali Data Portal Open Data

Kamis, 15 Juni 2023 - 11:49 WIB
loading...
Diskominfo Bone Bolango Gelar Sosialisasi dan Bimtek Wali Data Portal Open Data
Diskominfo Kabupaten Bone Bolango menggelar sosialisasi dan Bimtek Wali Data Open Data Bone Bolango tahun 2023, di Gedung Eksekutif Meeting Room PDM. Bone Bolango, Rabu (14/6/2023).
A A A
SUWAWA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bone Bolango, menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Wali Data Open Data Bone Bolango tahun 2023, di Gedung Eksekutif Meeting Room PDM. Bone Bolango, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi Kepala Diskominfo Bone Bolango, Misnawaty Wantogia itu, diikuti para Wali Data di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Misnawaty Wantogia mengatakan, kegiatan sosialisasi dan Bimtek Wali Data ini dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dimana di dalam Satu Data Indonesia itu, kita perlu membuat sebuah platform satu data Bone Bolango, yakni Portal Open Data Bone Bolango.

“Portal Open Data Bone Bolango yang kita bangun ini adalah salah satu portal yang diintegrasikan dengan portal Satu Data Indonesia. Olehnya lewat sosialisasi dan Bimtek ini kita latih para Wali Data yang berasal dari OPD, sehingga mereka bisa melakukan penginputan data, mengumpulkan, memeriksa, dan mengelola data di OPD-nya masing-masing,” katanya.

Dengan hadirnya platform Portal Open Data Bone Bolango ini, kata Misnawaty, diharapkan apa yang jadi tujuan dari Satu Data Indonesia bisa terwujud di Kabupaten Bone Bolango.

Namun demikian, Misnawaty mengungkapkan adapun persoalan yang pihaknya hadapi terkait dengan wali data ini, memang masih banyak masalah yang terjadi di setiap OPD. Di antaranya ketidakakuratan data, tidak update data, kadang juga terkait dengan data yang sulit di akses sewaktu-waktu.

“Insaallah dengan hadirnya Portal Open Data Bone Bolango ini diharapkan mampu menyajikan data-data yang tepat, akurat, dan mampu diakses oleh seluruh pihak termasuk masyarakat maupun publik,”ungkap mantan Kabag Pemerintahan Kesra Setda Bone Bolango itu.

Sebelumnya, Dedy Irfandi Arifin, Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Bone Bolango, menjelaskan sosialisasi sekaligus Bimtek Wali Data pada Portal Open Data Bone Bolango tahun 2023 ini akan dilaksanakan oleh Dinas Kominfo selama tiga hari, yakni dari 14-16 Juni 2023.

“Hal penting terkait dengan pelaksanaan sosialisasi dan Bimtek ini, yaitu dimana kita akan mengiventarisir data-data statistik yang berada di masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Bone Bolango,” tutur pria yang akrab disapa DIA tersebut.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3289 seconds (0.1#10.140)