Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Bank Jatim Terapkan Performance Management System

Sabtu, 10 Juni 2023 - 14:12 WIB
loading...
Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Bank Jatim Terapkan Performance Management System
Bank Jatim menerapkan performance management system untuk meningkatkan kompetensi pegawainya.
A A A
SURABAYA - Langkah strategis terus dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (BJTM) untuk meningkatkan kualitas karyawan. Tujuannya agar karyawan yang merupakan aset perusahaan dapat memberikan output terbaik.

Bank yang saham mayoritasnya dikuasai Pemprov Jatim itu mengimplementasikan performance management system yang berbasis proses bisnis untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Para pegawai terbaik yang dijaring dari universitas ternama di Jatim dan luar Jatim itu diberi pendidikan serta pelatihan.

SEVP Corporate Transformation Bank Jatim Budi Sumarsono menjelaskan, pemberian pendidikan serta pelatihan tidak terbatas hanya di dalam negeri saja. Tetapi juga bisa sampai ke luar negeri. “Pendidikan dan pelatihannya melalui performance management yang efektif agar mereka bisa menjadi partner konsultan bagi nasabah Bank Jatim,” kata Budi, Sabtu (10/6/2023).

Dia menuturkan, peluang untuk meningkatkan karir terbuka lebar di Bank Jatim sehingga karyawan bisa lebih mengaktualisasikan diri sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Sebab, benefit yang mereka terima linier dengan tanggung jawabnya. “Kinerja setiap karyawan dinilai secara fair dengan performance management system,” ujarnya.

Baca juga: Tragis! Korban Carok di Bangkalan Bertambah, Total 2 Orang Tewas

Hasil penilaian, kata dia, menjadi basis pemberian remunerasi untuk karyawan yang capaiannya sesuai atau bahkan melebihi target. Bagi karyawan yang bisa melampaui target, mereka akan mendapatkan insentif.

Namun, Bank Jatim juga tegas terhadap karyawan yang melakukan pelanggaran, khususnya fraud. ”Hal itu akan berpengaruh terhadap penilaian kinerja (KPI), remunerasi, dan karirnya,” tutur Budi.

Untuk menghadapi tantangan ke depan, Bank Jatim berkomitmen tinggi dalam melakukan people development. Di antaranya, pemenuhan kuantitas (program rekrutmen) dan kualitas karyawan (pendidikan dan pelatihan), penyempurnaan kebijakan (insentif, performance management, karir), serta digitalisasi layanan human capital.

Hal tersebut merupakan bentuk penghargaan dan manfaat yang diberikan perusahaan terhadap pekerjanya sebagai imbalan atas kinerja luar biasa para karyawan di tempat kerja serta sebagai upaya dalam menjaga retensi karyawan dan meningkatkan Employee Value Proposition (EVP).

“Nah, dalam rangka transformasi digital, Bank Jatim telah memiliki aplikasi e-Human Capital (EHC) yang bisa diakses seluruh karyawan selama 24 jam. Melalui EHC, karyawan bisa mendapatkan informasi data kepegawaian, layanan kesehatan, pendidikan dan pelatihan, e-kuesioner, dan lain-lain,” urai Budi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)