Meriah! Warga Parepare Berebut Menangkap Bebek di Festival Salo Karaje

Senin, 05 Juni 2023 - 04:15 WIB
loading...
Meriah! Warga Parepare Berebut Menangkap Bebek di Festival Salo Karaje
Warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan, begitu antusias mengikuti lomba menangkap bebek di sungai, yang merupakan bagian dari acara Festival Salo Karaje. Foto/iNews TV/Erwin Eka Pratama
A A A
PAREPARE - Festival Salo Karaje yang digelar di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dimeriahkan dengan lomba menangkap bebek di sungai. Lomba ini sangat unik, karena biasanya digelar di rawa atau sawah, namun kali ini digelar di tengah aliran sungai.



Warga begitu antusiasi mengikuti acara festival tersebut. Ratusan orang menceburkan diri di tengah sungai yang melintas di Kota Parapare, untuk mendapatkan bebek yang dilepas oleh panitia dengan menggunakan perahu.



Anak-anak dan orang dewasa membaur di tengah sungai, untuk mendapatkan bebek. Sanusi, salah satu peserta lomba menanglap bebek asal Kota Parepare, mengaku cukup sulit untuk menangkap bebek di tengah aliran sungai, karena harus dapat berenang dengan cepat agar bisa menangkap bebek.



"Lokasinya di aliran sungai, dan bebek-bebeknya sangat gesit sehingga sulit untuk ditangkap. Kami juga harus dapat berenang di tengah sungai, untuk dapat mengejar bebek-bebek tersebut," ungkap Sanusi.

Peserta lomba menanglap bebek di Kota Parepare, Miming mengaku senang dapat menangkap bebek di festival ini. "Bebek-bebek itu saya bawa pulang untuk dimasak menjadi olahan kuliner Paleko, yang merupakan menu khas Suku Bugis Makassar," tuturnya.

Meriah! Warga Parepare Berebut Menangkap Bebek di Festival Salo Karaje




Kepala Dinas Pariwisata Kota Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, lomba menangkap bebek ini, merupakan bagian dari Festival Salo Karaje, yang digelar masyarakat pesisir sungai di Kota Parepare. "Perlombaan ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat," tuturnya.

Daging bebek yang rasanya lezat tersebut, merupakan salah satu bahan kuliner khas bagi masyarakat Suku Bugis Makassar, sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang antusias mengikuti lomba menangkap bebek di tengah sungai ini.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7087 seconds (0.1#10.140)