RS Hermina Medan Gandeng MNC Life Gelar Seminar Millenial Parenting untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:29 WIB
loading...
RS Hermina Medan Gandeng MNC Life Gelar Seminar Millenial Parenting untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak
RS Hermina Medan bersama MNC Life menggelar seminar parenting bertajuk Millenial Parenting untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak di Medan, Sumut, Selasa (30/5/2023). Foto/MPI/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - RS Hermina Medan bersama MNC Life menggelar seminar parenting bertajuk Millenial Parenting untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak. Kegiatan seminar yang dihadiri puluhan orang itu digelar di Ruang Nakula, Restoran Koki Sunda, Jalan Hasanuddin Medan, Selasa (30/5/2023).

Hadir sebagai pembicara dalam seminar yang juga bekerjasama dengan Morinaga dan Kalbe Nutritionals itu, dokter spesialis anak, dr Riri Virzan Putri; psikologi anak, Yuliana Lubis; dan Regional Sales Head PT MNC Life Assurance, Erwansyah Antoro.


Direktur Medis RS Hermina Medan, dr Irvan Veryadi, mengatakan cara mendidik anak di era digital saat ini cenderung berbeda dengan di era analog sebelumnya.

Kalau sebelumnya cara mendidik anak bisa dilakukan langsung secara vertikal, di mana orang tua bisa memberikan perintah atau arahan langsung ke anak-anaknya, maka di era digital ini para orang tua millenial perlu melakukan berbagai penyesuaian. Sehingga arahan yang diinginkan orangtua bisa dipatuhi anak.

"Kalau dulu anak cenderung patuh dan tidak melawan. Jadi bisa secara vertikal. Kalau sekarang enggak bisa. Kalau dipaksa anak justru akan semakin melawan," kata dr Irvan.

Di era digital ini, sebut dr Irvan orangtua harus melakukan pendekatan secara persuasif agar anak mau mematuhi mereka. Itu karena kebanyakan anak cenderung mengeksplorasi dan memutuskan apa yang mereka inginkan, dan bukan atas arahan dari orangtuanya.



"Lewat seminar ini kita berikan tips dan trik agar orangtua bisa mengarahkan (keinginan orang tua) sesuai dengan cara yang lebih modern lebih persuasif," jelasnya.

Irvan menegaskan, pentingnya orang tua memahami pola millenial parenting agar anak tak menjadi korban masa pengalaman kecil orang tuanya. Yang justru membuat anak semakin jauh dari pola tumbuh kembang anak yang baik.

"Orang tua yang belum belajar millenial parenting biasanya akan melakukan pola yang sama seperti yang orang tuanya dulu lakukan sewaktu mereka masih kecil. Tapi memang hasil akhirnya anak akan melawan, mungkin seburuk-buruknya keluar dari rumah, cekcok dengan orang rumah, tidak akan sering di rumah karena tidak harmonis karena orang tuanya cenderung memaksa," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2475 seconds (0.1#10.140)