Berusia 100 Tahun, Oma Jima Nyaris Gagal Berangkat Ibadah Haji

Jum'at, 26 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
Berusia 100 Tahun, Oma Jima Nyaris Gagal Berangkat Ibadah Haji
Oma Jima (100) Jemaah Calon Haji (JCH) tertua dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Berusia 100 tahun, Oma Jima begitu bersemangat untuk menuju ke tanah suci Mekah, guna menjalankan ibadah haji. Tak mudah bagi warga Bontoramba, Sulawesi Utara ini untuk bisa menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.



Ada kisah mengharukan yang dialami wanita kelahiran 1 Juli 1922 tersebut. Anak Oma Jima, Rostina menuturkan, awalnya mereka sempat putus harapan karena ada aturan terkait usia Jemaah Calon Haji (JCH) dibatasi maksimal sampai usia 65 tahun.



"Dari tahun 2019 gagal naik haji karena ada aturan baru, yakni usia maksimal JCH 65 tahun. Sedangkan yang usianya di atas 65 tahun tidak diperkenankan berangkat naik haji, karena masih pandemi Covid-19," kata Rostina, Jumat (26/5/2023).



Namun karena dari dahulu Oma Jima selalu menyampaikan keinginannya untuk bisa naik haji, membuat anak-anaknya berusaha mewujudkan niat orang tuanya. "Dari dahulu sebelum kami besar, mama bilang kalau sudah ada yang kerja, mama ingin naik haji. Dan saya sebagai anak berusaha mewujudkannya," ujar Rostina.

Sayangnya, karena terbentur aturan waktu itu membuat Oma Jima tidak bisa melaksanakan ibadah haji. Namun karena tidak ingin membuat orangtuanya kecewa, Rostina berusaha agar ibunya bisa berangkat ke tanah suci Mekah.

"Sempat putus harapan, makanya berusaha lagi. Kami berusaha, supaya tidak ada penyesalan di belakang hari, dengan memberangkatkan umroh pada November tahun lalu," tutur Rostina dengan mata beerkaca-kaca.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)