TGB Zainul Majdi Ijazahkan Hadis dari Kitab Arbain Annawawi

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:03 WIB
loading...
A A A
Menjalankan tuntunan Al-Qura'an baik terkait ibadah dan berbagai hal kehidupan.

"Adapun agama adalah nasehat untuk Rasul-Nya yakni bagaimana mencintai Rasul Allah dengan penuh ikhlas. Maka itu Maulana Syech mengajarkan kita untuk selalu berselawat kepada Rasulullah," ujarnya.

Bagaimana dengan agama sebagai nasehat untuk imam-imam kaum muslimin. Dalam hal ini, TGB memaparkan pentingnya menghormati pemimpin. Dalam Islam itu, kata TGB, imam terbagi menjadi dua yakni Alummara' yang harus dibantu agar selalu menjalankan kebaikan-kebaikan. Bukan sebaliknya, diberat-beratkan.

Dia mencontohkan bagaimana dalam program pemerintah baik camat, bupati, gubernur, hingga presiden masyarakat selalu membantu program pemerintah.

"Doakan agar menjadi pemimpin baik. Ya Allah perbaiki keadaan pemimpin kami. Karena mendoakan hal yang baik untuk pemimpin itu ibadah. Bukan sebaliknya menghujat mereka," paparnya.

Sementara imam dalam makna pemimpin ulama yakni mengikuti arahan yang baik dari para ulama. Menyebarkan ilmunya, selalu mengikuti pengajiannya, dan menjaga nama baiknya.

"Intinya itu menjaga perjuangannya," ujar TGB.

Adapun agama sebagai nasehat kepada sesama, TGB mengatakan bahwa saling menghormati antara sesama merupakan salah satu cara saling menasehati.

Menurutnya, ada tiga azas nasehat yakni keikhlasan, kesungguhan, dan Mahabbah.

"Nasehat, itu azasnya tiga, keikhlasan, Kesungguhan, dan Mahabbah, rasa cinta. Jaga keamanan, ketertiban, cermin cara kita bermasyarakat. Saling mengingatkan dan semangat saling melapangkan untuk sama-sama mendapat kebaikan," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)