TGB Zainul Majdi Ijazahkan Hadis dari Kitab Arbain Annawawi

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:03 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi Ijazahkan Hadis dari Kitab Arbain Annawawi
Ketua Umum NWDI TGB KH Muhammad Zainul Majdi saat Tablig Akbar dan Halal Bihalal di Pondok Pesantren Darul Falah, Lendang Batah, Desa Mekar Damai, Praya, Lombok Tengah, NTB. Foto/MPI/Edy Gustan
A A A
LOMBOK TENGAH - Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Dr TGB KH Muhammad Zainul Majdi, Lc, MA mengijazahkan hadis Rasulullah tentang agama adalah nasihat. Hadis tersebut merupakan riwayat Imam Muslim.

Hadit itu merupakan hadit ke 7 dari kitab Alarbain Annawawi yakni kumpulan 42 hadis Imam Annawawi.



TGB menjelaskan dalam kitab tersebut, bahwasanya Abu Ruqaayyah Tamim Ad-Dar Radiallahuanhu menjelaskan sabda Rasulullah.

"Agama (Islam) itu adalah nasehat. Rasulullah mengulanginya tiga kali. Sahabat bertanya, untuk siapa wahai Rasulullah?. Beliau menjawab, untuk Allah SWT, kitab-Nya, Rasul-Nya, imam-imam kaum muslimin, dan kaum muslimin umumnya."


Dikatakan, hadist ini mengandung makna yang luar biasa. Nasehat yang dimaksud dalam hadist itu adalah kebaikan yang dilandasi keikhlasan, ketulusan dan rasa cinta (mahhabah) kepada Allah SWT.

Terkait hal ini, agama sebagai nasehat yakni ikhlas beribadah kepada Allah SWT, mentauhidkan-Nya, dan mengharap keridhaan-Nya.



TGB yang merupakan cucu Almagfurullah Maulana Syech TG KH Muhammad Zainuddin Abdul Majid itu mengatakan takut meninggalkan perintah Allah SWT. Selain itu juga takut untuk ditinggalkan atau dijauhi oleh Allah SWT.

Adapun nasehat untuk kitab-Nya adalah selalu mengikuti tuntunan Al-Qur'an. Tidak sekadar membaca dan menghafalkannya. Al-Qur'an juga menjadi pedoman hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)