TKD Disulap Jadi Areal Tanam Holtikultura Premium Kualitas Ekspor

Selasa, 16 Mei 2023 - 06:57 WIB
loading...
A A A
Bambang melihat prospek budidaya melon cukup besar. "Dari lahan 500 meterpersegi ini hasil panennya bisa mencapai 1,5 ton. Dalam setahun akan ada 3 kali panen sehingga dengan sekali panen tingkat keuntungan 10%-15% maka 3 kali panen setahun bisa mencapai 45%-50%," tegasnya.

Edu Wisata Buah Melon
Koordinator TPP Kecamatan Pakisaji, Edi Wahyu Kurniawan mengakui telah mendampingi Desa Karangpandan dalam proses penentuan budidaya buah melon pada program ketahanan pangan desa.

"12 Desa di Kecamatan Pakisaji semuanya pada 2022 telah TPP Pakisaji dampingi agar memilih program yang sesuai potensi desa dan punya prospek ekonomi demi peningkatan PAD yang ada. Desa Karangpandan dengan bersemangat memilih budidaya buah melon," kata Edi Wahyu di lokasi panen buah melon didampingi beberapa personel TPP Kecamatan Pakisaji.

Edi menambahkan konsep budidaya buah melon di TKD ini diharapkan bisa menjadi wahana edu wisata menyusul rencana pengembangannya akan berkoordinasi dengan UPT Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim agar ada bimbingan teknis.

"Infonya ada buah melon yang dikembangkan UPT Holti Dinas Pertanian Jatim ada yang bentuknya kubus, waru [hati], dan lainnya karena ada alat cetaknya. Ini yang bisa dikembangkan sehingga bisa jadi wisata edukasi untuk kalangan siswa-siswa yang ada," terangnya.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)