Latgab TNI 2023, Medan Tempur di Dabo Singkep Kepri Disiapkan

Kamis, 11 Mei 2023 - 09:02 WIB
loading...
A A A
Dalam tni.mil.id disebutkan, Latgab TNI digelar untuk mengantisipasi serta merespons perubahan dan kontijensi yang mungkin terjadi dalam rangka efek penangkalan dan penindakan kepada siapa saja yang merongrong kedaulatan NKRI.

Rencananya, Latgab TNI 2023 ini akan digelar di tiga lokasi, yaitu Morotai, Maluku Utara; Dabo Singkep, Kepri, dan di Asembagus, Situbondo, Jatim. Latgab TNI diikuti oleh tiga matra TNI, berlangsung secara serentak di tiga lokasi tersebut.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Pusat Penerangan TNI, Kolonel Sus. Aidil mengaku belum dapat menyebutkan tanggal pasti Latgab TNI 2023 akan dilaksanakan, karena saat ini prosesnya masih persiapan dan peninjauan ke lokasi latihan. "Untuk tanggal belum," katanya.



Sementara untuk peninjauan lokasi latihan di Asembagus, diikuti oleh 53 personel dari Kodiklat TNI dan Mabes TNI. Rombongan yang meninjau lokasi di Asembagus, Situbondo, dipimpin oleh Direktur Umum Kodiklatat TNI Marsekal Pertama (Marsma) TNI Joko Sugeng Sriyanto.

"Sasaran yang ingin dicapai pada Latihan Posko nantinya, yakni agar prajurit TNI menguasai dan mahir dalam menerapkan Prosmek PPKM (Prosedur Pengambilan Keputusan Militer) tingkat Kogab TNI dan Kogas," ujar Joko.

"Menguasai dan mahir dalam Renkamil/RO (Rencana Kampanye Militer/Rencana Operasi) dengan metode Tactical Floor Game. Menguasai dan mahir dalam merencanakan dukungan operasi Kampanye Militer dan Opsgab TNI, menguasai dan mahir dalam koordinasi antar unsur selama tahap Perencanaan Kampanye Militer," imbuhnya.



Direktif Panglima TNI Nomor Sprin/293/II/2023 pada 22 Februari 2023 tentang Direktif Latihan Gabungan TNI Tahun 2023 menginstruksikan, ada dua jenis latihan dalam latihan gabungan, yaitu Latihan Posko dan Latihan Lapangan.

Sementara itu, sasaran latihan lapangan yang ingin dicapai, di antaranya meningkatnya daya tempur satuan-satuan TNI, terujinya kemampuan alutsista, kemampuan intoperabilitas TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Kemudian terujinya doktrin, prosedur, serta tata kelola organisasi dalam operasi militer, dan operasi gabungan militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)