Gagah! Begini Sosok Gajah Mada Sang Pemersatu Nusantara Hasil Pencitraan Artificial Intelligence

Rabu, 03 Mei 2023 - 08:46 WIB
loading...
Gagah! Begini Sosok Gajah Mada Sang Pemersatu Nusantara Hasil Pencitraan Artificial Intelligence
Sosok Mahapatih Gajah Mada, hasil pecintraan artificial intelligence (AI) yang diunggah akun Instagram @ainusantara. Foto/Instagram/@ainusantara
A A A
Mahapatih Gajah Mada, membawa Majapahit pada masa keemasan, hingga mampu mempersatukan seluruh wilayah Nusantara. Sosoknya selama ini digambarkan dalam sejumlah arca, sebagai pria bertubuh besar dengan rambut panjang digelung di bagian belakang kepala.



Sosok Gajah Mada yang misterius tersebut, menurut hasil pencitaraan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, merupakan pria yang sangat gagah. Hasil pencitraan AI tentang sosok Gajah Mada yang gagah itu, diunggah oleh akun Instagram @ainusantara.



Dalam keterangan rangkaian foto yang diunggahnya, @ainusantara menuliskan: "Di zaman keemasan kerajaan Majapahit pada abad XIII, masa Prabu Hayam Wuruk ada dua tokoh militer jenius, yakni Mahapatih Gajah Mada, dan Laksamana Mpu Nala. Laksamana Mpu Nala sebagai Panglima Angkatan Laut Majapahit menempatkan ratusan kapal perang untuk menjaga lima titik penting perairan Nusantara,".



Tak sekedar menampilkan sosok Gajah Mada yang perkasa. Unggahan itu juga membahas dan menampilkan gambar-gambar hasil pencitraan AI, tentang Laksamana Mpu Nala, serta kekuatan kapal-kapal perang Majapahit.

Akun @ainusantara menyebutkan, lima gugus armada kapal perang Majapahit, yakni gugus pertama yang berada di wilayah tugas Pulau Sumatera, hingga ke Selat Sunda. Gugus armada kapal perang ini menjaga wilayah Saumdera Hindia, dan dipimpin oleh seorang laksamana dari Jawa Tengah.

Gugus armada kapal perang kedua, menjadi penjaga Laut Kidul, atau laut selatan Jawa, dan dipusatkan di wilayah Blambangan (Banyuwangi). Gugus armada kapal perang ini dipimpin laksamana dari Bali.

Kekuatan gugus armada kapal perang ketiga, dikerahkan menjaga di wilayah Selat Makassar, Ternate, Tidore, dan Halmahera yang merupakan wilayah penghasil rempah-rempah. Putra Makassar, dipercaya menjadi laksamana yang memimpin gugus armada kapal perang ketiga ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)