Malang Plaza Masih Panas, Tim Labfor Polda Jatim Tunda Selidiki Penyebab Kebakaran

Rabu, 03 Mei 2023 - 14:02 WIB
loading...
Malang Plaza Masih Panas, Tim Labfor Polda Jatim Tunda Selidiki Penyebab Kebakaran
Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur belum berhasil olah TKP mencari penyebab kebakaran Mal Malang Plaza.
A A A
MALANG - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur belum berhasil melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari penyebab kebakaran Mal Malang Plaza.

Tim dari Labfor Polda Jawa Timur keluar dari lokasi kejadian di Mal Malang Plaza, sekitar pukul 12.30 WIB, Rabu siang (3/5/2023). Pemeriksaan lokasi kebakaran belum berhasil dilaksanakan usai tim sudah memasuki lokasi sejak pukul 10.20 WIB, Rabu pagi.

Kasubdit Fiskom Labfor Polda Jatim Kombes Pol Joko Siswanto menyatakan, olah TKP dari tim Labfor Polda Jawa Timur belum berhasil dilaksanakan karena lokasi kebakaran masih panas yang membahayakan tim sendiri.

"Tujuan cuma dua mencari lokasi pertama api kebakaran dan penyebab. Namun mencari lokasi dan penyebab kondisi masih panas, kita nomor satu safety," ucap Kombes Pol Joko Siswanto ditemui seusai penyelidikan di lokasi kejadian.

Baca juga: Tim Labfor Polda Jatim Datangi Malang Plasa Selidiki Penyebab Kebakaran

Menurutnya, ada beberapa titik yang masih panas di lantai dua dan tiga bangunan mal di Jalan Agus Salim Kota Malang. Hal ini membuat pihaknya memutuskan menunda olah TKP dan penyelidikan.

"Insya Allah (pemeriksaan dilakukan) besok. Karena masih panas khususnya di lantai dua dan tiga. Masih panas," kata dia.

Ia juga memastikan di penyelidikan hari Rabu ini belum ada barang-barang yang dibawa dari lokasi kejadian. Bahkan pihaknya belum berani berbicara mengenai penyebab kebakaran dan titik api dari mana.

"(Dugaan penyebab kebakaran) belum bisa masuk (lokasi kejadian), saya belum paham (untuk titik api), Insya Allah besok," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Mal Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Malang Plaza sendiri merupakan sentra penjualan smartphone dan beberapa peralatan elektronik. Di lantai dua mal terdapat ritel pakaian dan bioskop 21 Cinema, sedangkan di lantai tiga terdapat beberapa kios pedagang handphone.

Total ada 63 stan yang disebut polisi terbakar, terdiri dari 24 stan di lantai dasar, 3 stan di lantai dua, dan 36 stan di lantai tiga mal. Belum diketahui pasti berapa kerugian dari kebakaran ini mengingat saat ini petugas gabungan fokus melakukan pembasahan dan pemadaman api.

Api sendiri berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan pada Selasa siang (2/5/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Tercatat lebih dari 12 jam api menghanguskan mal di Jalan Agus Salim Kota Malang.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)