Tingkatkan Pertahanan, Korsel Luncurkan Satelit Militer

Selasa, 21 Juli 2020 - 20:00 WIB
loading...
Tingkatkan Pertahanan, Korsel Luncurkan Satelit Militer
Korsel meluncurkan satelit militer pertamanya, Selasa (21/7/2020). Foto/Zaman al-Wasl
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) tengah berupaya membangun kekuatan militernya. Hal itu ditandai dengan keberhasilan untuk pertama kalinya meluncurkan satelit militer melalui operator swasta SpaceX.

ANASIS-II dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Korsel untuk mempertahankan diri melawan Korea Utara (Korut) yang bersenjata nuklir, yang menginvasi pada tahun 1950.

"Roket Falcon 9 yang membawa satelit diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida," kata Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Seoul dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP, Selasa (21/7/2020).



SpaceX mengkonfirmasi satelit itu dikerahkan sekitar 32 menit setelah lepas landas, pada Senin sore waktu setempat.

DAPA mengatakan peluncuran itu menjadikan Korsel negara ke-10 di dunia yang memiliki satelit komunikasi khusus militer, yang akan menyediakan komunikasi militer permanen dan aman.

"Satelit itu diperkirakan mencapai orbitnya 36.000 kilometer dalam dua minggu dan militer Korsel akan mengambil alih sistem itu pada Oktober setelah pengujian," tambah DAPA.

Seoul ingin meningkatkan kemampuan militernya karena mendorong untuk mengakhiri pengaturan di mana, jika perang pecah, komandan Amerika akan memiliki wewenang atas pasukan gabungan mereka.



"Satelit itu diharapkan meningkatkan kemampuan operasional militer Korea Selatan yang independen," kata seorang pejabat di kementerian pertahanan Korsel kepada kantor berita Yonhap.

Seoul dan Washington adalah sekutu keamanan dan AS menempatkan 28.500 tentara di negara itu.

Tetapi hubungan mereka dilanda ketegangan dalam beberapa tahun terakhir, dipicu oleh perbedaan dalam pendekatan terhadap Pyongyang, dan lebih dari tanggung jawab pembagian biaya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)